Bonding Time dengan Anak Bisa Ciptakan Rasa Tenang Saat Pandemi

Do It Yourself | Senin, 26 Juli 2021 10:04

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Waktu berkualitas bersama anak bisa bikin ibu dan si kecil tenang dan bahagia loh!

Dream - Hingga hari ini pandemi virus corona masih menjadi momok mengerikan di Indonesia. Peningkatan kasus penularan Covid- 19 ini membuat masyarakat khawatir, terutama para ibu yang memiliki bayi atau anak balita.

Rasa cemas akan kesehatan diri sendiri dan si kecil terkadang membuat ibu gelisah berlebih. Padahal perasaan negatif pada ibu bisa terefleksi kepada anak-anak. Itulah mengapa dibutuhkan kegiatan yang bisa mengalihkan kekhawatiran ibu terhadap pandemi agar imun tubuh terus baik dan anak juga merasakan perasaan bahagia.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah menciptakan waktu berkualitas antara ibu dan anak. Misalnya dengan membacakan buku bergambar, hal ini dapat meningkatkan bonding atau ikatan. Melalui buku, ibu dan anak bisa saling berinteraksi. Misalnya meminta si kecil menunjuk warna tertentu, atau membaca dengan gaya ekspresif yang membuat anak terhibur.

 Mama Choice
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Membaca bersama anak dapat membuat anak menjadi lebih tenang. Hal ini dikarenakan, saat membacakan cerita, ibu dan anak berdekatan secara fisik serta ada sentuhan fisik yang dapat memunculkan hormon Oxytocin,” kata Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psikolog Anak dan Remaja pada konferensi virtual Mama Choice’s, 23 Juli 2021.

Salah satu hormon antistres ini membuat buah hati merasa dekat dengan ibu begitu juga sebaliknya. Kedekatan ini dapat membuat anak tenang dan membentuk ketahanan mentalnya terutama dalam melewati masa penuh tantangan seperti sekarang.

Tidak hanya cerdas secara intelektual, membaca juga membuat bayi lebih matang secara emosional. Sebab ekspresi yang ibu tunjukkan saat membaca membuat bayi mengetahui beragam emosi. Melalui cerita, bayi juga belajar bagaimana menghadapi situasi dan emosi tertentu.

Bonding Time dengan Anak Bisa Ciptakan Rasa Tenang Saat Pandemi
Sumber: Shutterstock
2 dari 4 halaman

Menumbuhkan Minat Membaca Anak

Membiasakan anak dengan buku setiap hari akan mengajarkan bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Sikap itu akan terbawa hingga anak dewasa.

 Mama Choice
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat apalagi jika mulai dilakukan sedini mungkin, bahkan anak masih bayi sekalipun. Selain mengembangkan minat baca pada anak, membacakan buku cerita juga merupakan aktivitas yang dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak,” ujar Vera.

3 dari 4 halaman

Pilih Buku yang Tepat

Anak mengalami tahap perkembangan yang berbeda di setiap usianya. Hal ini membuat para orangtua harus jeli, hal apa aja yang bisa mendukung tumbuh kembang si kecil.

Untuk balita, pilih buku yang berisi karakter dari sebuah kartun atau binatang. Di usia ini, si kecil akan mulai memerhatikan detil dari gambar yang lihat. Selain itu pilih juga yang alurnya sederhana agar si kecil mudah menyerap informasinya ketika Sahabat Dream membacakan cerita.

Sejalan dengan hal ini Mama’s Choice meluncurkan produk bersama seri buku cerita anak “ Dunia Bunbun” yang berkolaborasi dengan Irish Bella dan Watiek Ideo penulis buku anak

“ Kami meluncurkan seri buku cerita anak ‘Dunia Bunbun’ serta bundling produk perawatan anak yang aman, halal dan natural sebagai alat bagi ibu dan anak untuk melakukan bonding time agar bisa menciptakan rasa tenang di masa pandemi,” kata Rahne Putri, Head of Branding Mama’s Choice pada kesempatan yang sama
 

4 dari 4 halaman

Bonding Time ala Irish Bella

Irish Bella, selebriti satu anak juga mengaku sering membacakan sang buah hati cerita untuk menciptakan bonding.

 Mama Choice
© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Membacakan cerita untuk anakku, bisa menciptakan bonding time yang memberikan ketenangan sendiri buat aku dan Air. Aku sangat menyarankan para Mama memiliki buku ‘Dunia Bunbun’ini karena sangat cocok untuk anak dari usia 0-6 tahun,” kata Irish Bella, Chief Mama Officer Mama’s Choice pada kesempatan yang sama.

Irish menjelaskan bahwa kedua buku Dunia Bunbun menceritakan bagaimana pentingnya kejujuran, sikap saling menghargai, kebersamaan, melindungi orang lain dan self care. (mut)

Join Dream.co.id