Cepat Pulih Setelah Melahirkan, Hindari Lakukan Ini

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  11 Februari 2019 12:09

Ibu membutuhkan waktu untuk istirahat sampai benar-benar pulih.

Reporter : Cynthia Amanda Male

Dream - Menjalani kehamilan, lalu melahirkan, tentunya tubuh akan mengalami perubahan pesat. Untuk mengembalikan vitalitas tubuh kembali seperti semula, setelah melahirkan, ibu membutuhkan istirahat dan waktu pemulihan yang cukup.

Terutama di area intim yang mengalami trauma dan jahitan. Dikutip dari The Health Site, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat organ intim pasca melahirkan agar cepat pulih.

1. Hindari Pemakaian Tampon
Perdarahan pada miss V setelah melahirkan adalah sesuatu yang wajar terjadi setelah melahirkan secara normal. Alih-alih tampon, gunakan pembalut bersalin yang dirancang khusus untuk menghentikan derasnya aliran darah selama nifas.

Bahkan jika sudah terbiasa memakai tampon sebelum melahirkan, jangan menggunakannya sekarang. Pasca persalinan normal, miss V mungkin terasa sakit dan lunak. Menggunakan tampon akan memperburuk keadaan.

2. Cegah Sembelit
Jika harus mengejan saat buang air besar atau menderita sembelit, ingatlah bahwa miss V akan terasa lebih sakit, bahkan bisa robek. Jadi kalau bisa, cegahlah sembelit setelah melahirkan. Konsumsi banyak sayur dan buah.

Selanjutnya : Hindari Beban Berat dan Perjalanan Jauh
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Berlayar Keliling Dunia Demi Laut yang Bersih
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :