Cegah Kemunculan Bercak Kecokelatan di Kulit Saat Hamil

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  26 Februari 2019 08:11

Perubahan hormon secara drastis bisa jadi penyebabnya.

Reporter :

Dream - Banyak para ibu hamil yang mengeluhkan timbulnya bercak atau noda kecokelatan di kulit wajah saat hamil. Dalam istilah kedokteran kondisi tersebut disebut melasma.

Salah satu teori mengungkap hal itu bisa terjadi ketika melanosit (sel-sel yang menghasilkan warna kulit dalam tubuh) mulai memproduksi terlalu banyak warna. Perubahan hormon secara drastis bisa jadi penyebabnya.

" Setiap perubahan hormon, seperti menggunakan kontrasepsi atau hamil, dapat memicu melasma," jelas Elin Raymond, seorang dokter kandungan di Toronto, seperti dikutip dari Todays Parent.

Paparan sinar matahari adalah faktor risiko utama lainnya. Sinar UV dapat memicu timbulnya melasma dan memperburuknya pada seseorang yang sudah memilikinya.
Melasma, sebagian besar muncul di wajah, di daerah yang terkena sinar matahari seperti pipi, hidung, bibir atas dan dahi.

Ada juga yang muncul di dada atau lengan, tetapi itu tidak biasa. Bercak melasma biasanya simetris, muncul di kedua sisi wajah. Lima puluh hingga 70 persen wanita hamil akan mengalami melasma.

" Tidak ada cara pasti untuk mencegah melasma, tetapi Anda bisa meminimalisir kemunculannya dengan menggunakan tabir surya dengan sun protection formula," ungkap ELin.

Pilih tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi antara 50 atau 60. Saat ke luar rumah di siang hari, disarankan menggunakan payung atau topi lebar. Perawatan menyeluruh baru bisa dilakukan setelah melahirkan.

Pasalnya, produk-produk untuk mengatasi masalah kulit cenderung tidak direkomendasikan untuk ibu hamil.

 

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Yuk Gabung ke Kapanlagi Korea, Sekarang!
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :