Cegah Dehidrasi Pada Buah Hati Saat Belajar Puasa

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  14 April 2021 14:07

Anak-anak kerap bermain aktif dan menguras fisik.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun biasanya sudah mulai belajar berpuasa. Untuk yang pertama kali, bisa ikut bangun sahur lalu puasa hingga azan Zuhur. Pada anak-anak yang lebih besar dan lebih kuat, bisa sampai azan Maghrib.

Salah satu hal yang harus diwaspadai pada anak-anak saat belajar puasa adalah dehidrasi. Seperti kita tahu, anak begitu aktif dan kerap bermain bola, lari-larian, lompat-lompatan dan permainan yang sangat menguras fisik.

Saat mereka bermain dengan menguras fisik tentunya akan banyak berkeringat. Terutama jika bermain di luar rumah saat cuaca panas. Seringkali anak-anak lupa kalau sedang belajar berpuasa.

Hal ini bisa memicu dehidrasi. Anak memang belum bisa menimbang aktivitas dan ibadah puasa dengan baik, untuk itu orangtua harus terus mengingatkan agar kesehatannya tetap terjaga meskipun sedang menjalankan ibadah.

Untuk mencegah anak mengalami dehidrasi karena puasa, pastikan saat sahur dan berbuka mendapat banyak asupan sehat kaya air. Seperti jus buah asli, yogurt, susu atau buah-buahan segar.

 

Selanjutnya : Potongan buah dingin
BERANI BERUBAH: Takjil Drive Thru Masjid Al Azhar
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Merawat Warisan [TEASER]
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :