Cari Tahu Kondisi Siklus Haid Setelah Persalinan

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  9 Juli 2018 08:08

Kehamilan bisa saja terjadi bahkan saat ibu belum kembali haid setelah melahirkan.

Reporter :

Dream - Hamil dan melahirkan membuat kondisi tubuh mengalami perubahan besar. Ibu akan mengalami masa nifas setelah persalinan sekitar 6 hingga 8 minggu. Beberapa minggu setelah nifas, haid bisa langsung terjadi.

Namun hal tersebut sangat bergantung pada kondisi ibu. Pada ibu yang menyusui secara eksklusif, haid mungkin tertunda selama beberapa bulan. Penyebabnya, karena hormon menyusui yang sangat aktif dan akan menghambat kerja hormon yang memicu haid.

Siklus haid mungkin akan sedikit berantakan karena hormon menyusui berpengaruh besar. Siklusnya bisa 24 hari, 28 hari atau mungkin 35 hari. Biasanya siklus akan kembali normal setelah selesai menyusui.

Bagi ibu yang tak menyusui secara eksklusif biasanya haid bisa langsung terjadi tak lama setelah nifas. Satu hal yang penting, banyak yang mengira belum munculnya haid setelah bersalin menandakan kalau 'aman' dari kehamilan.

Faktanya, kehamilan bisa terjadi bahkan saat ibu belum kembali haid setelah melahirkan. Jadi penting untuk melakukan testpack secara teratur.

" Banyak ibu yang mengandalkan menyusui sebagai alat kontrasepsi alami. Lalu saat diperiksa, ternyata kehamilan sudah terjadi. Aku menemukan banyak pasienku dalam kondisi hamil, 6 minggu setelah kontrol pasca persalinan," ujar Angela Jones, seorang dokter kandungan.

Ovulasi atau matangnya sel telur terjadi sebelum menstruasi. Saat seorang perempuan berovulasi maka kondisi dalam masa subur. Jika berhubungan intim di saat yang pas, maka kehamilan bisa terjadi meskipun sebelumnya tak menstruasi.

Sumber: Parents

Begini Pengalaman Umrah Zea Giena, Juara Dream Inspiring Woman 2018
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Pasal Tentang Kesaksian Palsu Persidangan
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :