Cara Menyimpan ASI Perah Saat Pemadaman Listrik

Do It Yourself | Senin, 5 Agustus 2019 12:07

Reporter : Mutia Nugraheni

Sangat menyedihkan membayangkan berbotol-botol ASIP cair padahal bisa bertahan hingga 4 bulan dalam kondisi beku.

Dream - Bagi ibu yang kerap keluar rumah atau bekerja seharian di kantor, ASI perah (ASIP) adalah 'harta berharga'. Terutama mereka yang masih memiliki bayi di bawah usia 6 bulan. Pemadaman listrik seperti sekarang yang terjadi hampir lebih dari 8 jam tentu saja membuat khawatir.

Pasalnya, ASIP yang awalnya membeku di frezeer lama kelamaan bakal mencair. Tak bisa lagi disimpan dan dibekukan dan harus diminum. Sangat menyedihkan membayangkan berbotol-botol ASIP cair padahal bisa bertahan hingga 4 bulan dalam kondisi beku.

Dalam kondisi ini, ibu memang harus lebih waspada. Apalagi risiko pemadaman bisa terjadi berulang dalam beberapa hari ke depan. Sebagai langkah penyelematan pada ASIP, coba lakukan hal berikut.

Cara Menyimpan ASI Perah Saat Pemadaman Listrik
ASI Perah (Foto: Shuterstock)
2 dari 6 halaman

Jangan buka tutup freezer

Mungkin akan muncul rasa penasaran melihat kondisi air susu yang kita perah dengan susah hati. Tapi sebisa mungkin jangan memeriksanya terlalu sering, cukup dua kali saja dan biarkan freezer tertutup rapat.

Membuka freezer justru akan mempercepat penurunan suhu dan bisa membuat ASIP beku cair lebih cepat. Bila perlu, tempet catatan di depannya untuk tidak membuka freezer, untuk mengingatkan orang lain.

3 dari 6 halaman

Siapkan Ice Gel Sebanyak Mungkin

Taruh ice gel dalam bentuk apapun di dalam freezer, terutama di sela-sela ASIP beku. Saat mati listrik ice gel yang sudah membeku akan membantu menjaga suhu ASIP tetap stabil dalam kondisi beku. Beli beberapa ice gel tambahan, dan bekukan saat listrik menyala. Bisa yang berukuran besar maupun kecil.

4 dari 6 halaman

Minta bantuan

Tak ada salahnya meminta bantuan kerabat atau tetangga yang memiliki genset. Untuk sementara simpan ASIP di kulkas mereka. Beberapa kedai atau cafe juga biasanya memiliki freezer khusus, jika ada di sekitar rumah bisa juga meminta tolong.

5 dari 6 halaman

Genset

Untuk yang satu ini bisa juga dipertimbangkan membeli genset. Tak perlu yang besar, cukup yang kecil dan untuk menyalakan kulkas saja. Hal ini mengingat kondisi pemadaman belum diketahui sampai kapan akan pulih kembali.

6 dari 6 halaman

Tahan Berapa Lama ASI Perah di Luar Kulkas? Yuk Cari Tahu

Dream - Memerah air susu jadi aktivitas wajib para ibu bekerja yang masih menyusui. Demi jumlah stok ASI perah (ASIP) aman, di sela-sela pekerjaan ibu selalu mencuri waktu untuk memerah.

Namun ada kalanya ibu lupa untuk langsung menyimpan ASI hasil perahan ke dalam kulkas. ASI pun selama berjam-jam berada di suhu kamar. Lalu apakah tetap aman untuk diberikan pada bayi?

Penting untuk diketahui kalau ASIP bisa tahan di suhu ruangan selama 6 hingga 8 jam. Tapi akan lebih baik jika disimpan segera di lemari es setelah ASI diperah. Jika tak sempat dimasukkan ke lemari es dan sudah berjam-jam di luar ruangan, tetap aman jika diberikan pada bayi.

Batas maksimal ASI di suhu ruangan adalah 8 jam. Perhatikan juga perubahan warna dan aroma. Tes dulu dengan memberikan ASIP menggunakan sendok pada bayi. Apabila si kecil menolak untuk meminumnya bisa jadi kondisi ASI sudah tak segar, mungkin sudah terkontaminasi. Sebaiknya segera buang.

Sebenarnya ASI memiliki semacam zat antibiotik yang mampu membunuh banyak virus dan bakteri. Tapi pastikan saat memerahnya kondisi tangan dalam keadaan bersih. Begitu juga media penyimpanannya. ASI juga harus tertutup rapat agar terhindar dari paparan kotoran dari luar.

Hal terpenting adalah selalu usahakan untuk langsung menyimpan ASI perah di lemari pendingin setelah diperah. Selamat menyusui!

 

Join Dream.co.id