Cara Mengatasi Nyeri Puting Saat Menyusui

Ibu menyusui (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  24 Februari 2021 14:02

Jangan dulu menyerah untuk menyusui si kecil saat muncul kesakitan di payudara.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Awal menyusui bayi, para ibu mungkin akan merasakan sakit luar biasa. Terutama pada ibu yang baru pertama kali melahirkan. Bayi memang belum memiliki gigi, tapi saat ia mulai menyusu, muncul nyeri di sekitar payudara terutama puting.

Banyak hal yang jadi penyebabnya, dan rasa sakit luar biasa tersebut kerap membuat ibu berhenti menyusui. Tak hanya disertai rasa sakit, seringkali payudara luka hingga berdarah dan air susu ibu bercampur darah.

Sebelum memutuskan untuk berhenti menyusui, tak ada salahnya mencoba untuk meredakan nyeri tersebut dengan cara-cara berikut yang dikutip dari KlikDokter.

Kompres Payudara
Kompres payudara dengan air hangat dan air dingin secara bergantian selama 10-15 menit, sebelum menyusui bayi atau memompa ASI. Hal ini bisa membantu melancarkan ASI dan mengurangi rasa nyeri pada payudara.

Menyusui Secara Teratur
Di awal kelahiran, si Kecil bisa menyusu hingga dua belas kali sehari, dengan durasi 20-30 menit setiap menyusu. Pastikan ibu tidak melewatkan jam menyusu, karena apabila tidak menyusui, ASI dapat tertahan di kelenjar payudara dalam jangka waktu lama dan menyebabkan payudara bengkak, bahkan infeksi.

Jika memang tidak bisa mengosongkan payudara dengan menyusui, bisa memompa payudara dengan menggunakan alat pompa elektrik maupun manual. Bila payudara bengkak dan kemerahan, sebaiknya lakukan pemerahan manual secara perlahan dibandingkan menggunakan pompa elektrik.

 

Selanjutnya : Lembapkan kulit puting dengan ASI
Insiden Menyakitkan Mahkota Mrs Sri Lanka Dicopot Paksa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :