Cara Membuat Oralit untuk Anak di Rumah

Ilustrasi
DO IT YOURSELF  |  19 Juni 2019 10:03

Oralit menjadi minuman untuk penanganan pertama pada diare yang mudah dibuat oleh siapa saja. Bagaimana cara membuat oralit di rumah?

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Dream - Diare bisa terjadi selama beberapa hari, ada yang mulai 3 hari hingga 7 hari. Diare bisa saja terjadi lebih lama kalau penangannya tidak tepat.

Cara mudah menangani diare adalah dengan minum banyak cairan, karena bahaya kekurangan cairan bisa sampai tahap dehidrasi dan malnutrisi.

Kasus  diare tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak juga bisa terkena diare. Bagi anak yang terkena diare disarankan untuk tidak mengonsumsi obat tablet, atau obat antibiotik, kecuali kalau sudah ada resep dari dokter.

Cara terbaik untuk mengatasi diare pada anak adalah dengan minum banyak cairan dan membuat larutan oralit. Oralit atau ORS (Oral Rehydration Salts) merupakan larutan kombinasi antara haram dan air, yang mana dapat membantu meredakan diare.

Untuk konsumsi oralit sendiri disesuaikan dengan usia anak, dan ada takaran tersendiri. Jika diare terjadi, pada hari pertama pemberian oralit bisa diberikan sebanyak 250 mililiter sekali minum.

Takaran untuk mencampur garam dan air harus diperhatikan, karena kalau terlalu banyak justru bisa membuat diare menjadi lebih parah.

Selanjutnya : Cara Membuat Oralit di Rumah
Mereka Orang Indonesia Pertama yang Mendapatkan Vaksin Sinovac
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Mengenal Pandemic Fatigue, Hal yang Banyak Dialami Masyarakat
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :