Cara Membedakan Sel Sperma Sehat atau Tidak, Sudah Tahu?

Do It Yourself | Senin, 29 Maret 2021 12:00

Reporter : Mutia Nugraheni

Selalu pertahankan gaya hidup sehat agar sperma dalam kondisi baik dan bisa membuahi.

Dream – Banyak faktor yang menyebabkan kehamilan tak kunjung terjadi. Salah satunya karena kondisi sperma. Kehamilan membutuhkan sel telur dan sel sperma yang sehat.

Sayangnya, ada kondisi yang membuat sel sperma tidak sehat sehingga sulit untuk membuahi sel tidur. Dikutip dari Sehatq, proses pembentukan sperma (spermatogenesis) terbilang hal yang kompleks.

Proses ini mengharuskan testis berada dalam kondisi baik serta peran hipotalamus dan kelenjar pituitari di otak juga penting untuk melancarkan spermatogenesis. Apabila salah satu dari ketiga faktor tersebut bermasalah maka sperma akan menjadi tidak subur.

Maka dari itu perlu menjaga pola hidup yang sehat, seperti makan makanan bergizi, olahraga teratur, mengonsumsi suplemen, dan membatasi konsumsi alkohol dan kafein, agar ketiga faktor pembentuk sperma dapat terjaga.

 

 

Cara Membedakan Sel Sperma Sehat atau Tidak, Sudah Tahu?
Sel Sperma/ Foto: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Bagaimana cara membedakan sperma yang subur atau tidak?

Untuk mengetahui perbedaan sperma subur atau tidak, seorang pria harus melakukan tes kesuburan dengan dokter spesialis andrologi. Terdapat beberapa indikator rujukan untuk membedakan sperma sehat atau tidak sehat, antara lain;

Jumlah sperma
Cara membedakan sperma subur atau tidak pertama dengan melihat jumlah sperma dalam air mani yang keluar saat ejakulasi. Dilansir dari Mayo Clinic, idealnya terdapat 15 juta sel sperma per mililiter air mani.

Apabila saat di tes, air mani tidak mencapai kapasitas seharusnya, ini merupakan ciri-ciri sperma yang tidak sehat, bahkan beberapa kasus menjadi ciri sperma yang kemungkinan tidak bisa membuahi sel telur.

 

3 dari 6 halaman

Bentuk dan Pergerakan

Bentuk sperma
Ciri sperma yang sehat memiliki morfologi kepala berbentuk oval dan ekor yang panjang, sedangkan sperma yang tidak sehat terkadang memiliki ekor yang pendek atau kepala tidak oval. Terkadang sperma yang tidak berbentuk normal bisa saja ada saat ejakulasi, tapi hal ini wajar saja selama jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah sperma yang berbentuk normal.

Pergerakan sperma
Indikator lainnya adalah memperhatikan motilitas sperma. Untuk mengetahuinya perlu melakukan analisis sperma di laboratorium, tidak bisa dilihat secara kasat mata. Ciri sperma yang tidak sehat adalah bila pergerakannya tidak lincah, umumnya sperma seperti ini sulit untuk bisa membuahi sel telur karena untuk melakukan pembuahan sperma harus bergerak lincah.

Apabila hasil tes menunjukan ada sekitar 60 persen sperma yang memiliki motilitas ada kemungkinan seorang pria tidak subur. Dibutuhkan 40 persen sperma dengan pergerakan yang baik untuk dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Kekentalan air mani
Untuk membedakan sperma subur atau tidak dengan kasat mata paling mudah dengan melihat kekentalan air mani. Cairan mani yang tampak encer dan tidak terlalu lengket kemungkinan mengandung sel sperma yang sedikit. Tetapi hal ini tidak menjadi penentu subur tidaknya sperma.

Pasalnya, tingkat kekentalan air mani bisa berubah karena berbagai faktor, seperti kadar cairan tubuh. Namun patut dicurigai apabila air mani yang keluar hampir selalu encer, kemungkinan hal tersebut memang disebabkan oleh jumlah sperma yang sedikit. Selengkapnya baca di sini.


Laporan Josephine Widya

© Dream
4 dari 6 halaman

#DreamTestPack, Dokter Ungkap Fakta Soal 'Sperma Encer'

Dream - Masalah kesuburan bukan hanya dialami oleh kaum perempuan. Para pria juga bisa mengalaminya. Salah satu masalah yang kerap mengundang rasa penasaran dan pertanyaan adalah soal kondisi sperma yang encer.

Seperti salah satu pertanyaan dalam program konsultasi kesuburan #DreamTestPack. Pertanyaan tersebut berisi seputar kondisi sperma pasangan yang dirasa encer dan dianggap bisa menghambat kehamilan.

Dokter Upik Anggraheni P. SpOG, Konsultan Fertilitas dari RS Pondok Indah IVF Center memberikan penjelasan. Menurutnya, dalam istilah medis tak ada ada sperma encer. Kualitas sperma hanya bisa diketahui dari pemeriksaan analisa sperma di laboratorium

" Sperma encer itu adalah bahasa awam, mungkin didefinisikan sebagai sperma yang jumlahnya kurang atau pergerakannya kurang atau bentuk normalnya kurang. Sperma encernya harus diketahui secara pasti lebih dahulu maksudnya apa. Apakah jumlahnya, pergerakannya atau bentuknya, semua itu hanya bisa dilihat dengan analisa sperma," ujar dr. Upik.

 

 

5 dari 6 halaman

Analisa Sperma

Pada pasangan yang sedang menantikan buah hati dan ingin menjalani program hamil, penting untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Pemeriksaan ini salah satunya adalah analisa sperma. Calon ayah diminta untuk mengeluarkan sperma yang bakal dianalisa jumlahnya, bentuk dan pergerakannya.

Hindari melakukan kesimpulan sendiri terkait kondisi sperma. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter spesialis kesuburan untuk mengetahuinya.

" Ada juga pasien yang selalu berpikir sperma suaminya konsistensinya tidak kental sehingga dikatakan encer padahal itu tidak membuktikan kesehatan sperma secara objektif. Dari analisis sperma, akan didapatkan jumlah, bentuk dan pergerakannya. Setelah itu dokter akan mengevaluasi masalahnya," ungkap dr. Upik

 

© Dream
6 dari 6 halaman

Lihat penjelasan dr. Upik selengkapnya soal sperma encer

      View this post on Instagram

A post shared by Dream.co.id (@dreamcoid)

 

Punya pertanyaan seputar kesuburan? Isi saja formulir ini, nantinya para dokter pakar kesuburan akan menjawab pertanyaan kamu di Instagram @Dreamcoid

Join Dream.co.id