Cara Aman Redakan Jerawat Saat Hamil

Jerawat
DO IT YOURSELF  |  16 Januari 2021 10:34

Umumnya terjadi pada trimester pertama akibat meningkatnya produksi sebum atau minyak akibat pengaruh hormon androgen.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Salah satu keluhan yang dialami ibu hamil dan sangat menjengkelkan adalah munculnya jerawat. Pertumbuhannya bukan hanya di wajah, ada yang mengalaminya di dada, punggung, kulit kepala beberapa area tubuh.

Jerawat yang muncul berukuran besar, merah dan terasa sakit. Pertumbuhan jerawat, dikutip dari KlikDokter.com, umumnya terjadi pada trimester pertama akibat meningkatnya produksi sebum atau minyak akibat pengaruh hormon androgen.

Menumpuknya sel kulit mati dan perkembangbiakan bakteri di permukaan kulit juga bisa menyumbat kelenjar minyak dan memicu jerawat. Sayangnya, menurut studi, mengatasi jerawat dengan obat minum saat hamil tidak efektif. Beberapa kandungan obat jerawat bahkan berpotensi membahayakan janin.

Ada beberapa cara aman meredakan dan mencegah jerawat muncul lebih banyak dan parah saat hamil. Bisa lakukan hal-hal berikut.

1. Perawatan dasar kulit wajah
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jerawat terbentuk karena adanya penyumbatan kelenjar minyak pada kulit. Sebelum jerawat terbentuk, cegahnya dengan menerapkan perawatan kulit dasar.

Cuci muka secara teratur menggunakan sabun wajah setiap sebelum dan bangun tidur. Hindari sabun cuci muka yang mengandung scrub karena dapat menyebabkan iritasi. Gunakan juga pelembab dan tabir surya di wajah.

 

Selanjutnya : Bisa Pakai Obat Oles
Wulan Guritno Gugat Cerai Adilla Dimitri
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Millen Cyrus Tersandung Narkoba (Lagi)
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :