Cara Aman Cegah Kehamilan Alami Tanpa Alat Kontrasepsi

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  28 Januari 2021 12:03

Pastikan melakukannya dengan disiplin dan konsisten.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream – Kehamilan idealnya direncanakan dengan sangat matang. Tentunya banyak hal yang harus dipertimbangkan jika ingin menambah anak, terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang.

Bagi pasangan yang sedang ingin menunda untuk menambah momongan, mungkin langsung berpikir untuk menggunakan alat kontrasepsi. Seperti kondom, pil KB, IUD, patch atau alat lainnya.

Sebenarnya penundaan kehamilan bisa dilakukan dengan cara alami, namun dibutuhkan konsistensi dan disiplin saat melakukan. Bila ingin mencoba cara alami, berikut hal yang bisa dilakukan dikutip dari Sehatq.

Tidak berhubungan seks di masa subur
Harus tahu kapan masa subur (ovulasi) datang, jadi pada saat masanya datang jangan berhubungan seks dahulu, di masa subur kemungkinan hamil lebih besar. Cobalah dengan mencatat kapan datang masa subur perbulannya untuk bisa memperkirakan kapan masa subur datang.

Mengetahui ovulasi bisa juga dengan mengukur suhu basal setiap bangun tidur, suhu basal adalah suhu ketika tubuh beradaa pada keadaan istirahat sepenuhnya. Jika suhu basal tubuh mengalami peningkatan masa masa subur sedang berlangsung. Cara lain dengan memeriksa keluarnya lendir serviks, lendir bening dan licin seperti putih telur pada masa subur.

 

Selanjutnya : Coba Juga 3 Cara Ini
Penampilan Musik JAVE
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Kajian Online Bersama Ustazah Liza Azizah
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :