Bunda, Hindari Lakukan Ini Demi Persalinan Lebih Lancar

Do It Yourself | Jumat, 14 Desember 2018 17:06
Bunda, Hindari Lakukan Ini Demi Persalinan Lebih Lancar
Ibu Melahirkan (Foto: Shutterstock)

Reporter : Mutia Nugraheni

Penting untuk melakukan persiapan bukan hanya fisik tetap juga mental.

Dream - Menanti proses persalinan memang sangat mendebarkan. Setelah pengalaman luar biasa selama 9 bulan merasakan perkembangan janin, saatnya menyambut si kecil ke dunia.

Setiap hal sudah pasti dipersiapkan secara detail dan seksama. Penting untuk melakukan persiapan bukan hanya fisik tetap juga mental agar ibu dan bayi sehat selama dan setelah persalinan.

Untuk proses persalinan yang lancar, cobalah hindari hal-hal berikut, seperti dikutip dari Ivansini.com.

Berteriak berlebihan
Mengeluarkan suara saat proses persalinan memang hal yang wajar dan justru disarankan. Hanya saja, ibu disarankan untuk tidak berteriak secara berlebihan karena hal tersebut dapat menguras tenaga. Padahal ibu membutuhkan banyak tenaga dan fit untuk bisa menjalani proses persalinan.

Hiperventilasi atau proses bernapas yang tidak stabil
Dengan menghirup napas terlalu cepat dan terlalu banyak di saat proses persalinan berlangsung, ibu bisa mengalami pusing, kebas, mati rasa pada tangan, kaki dan muka hingga pingsan. Hal ini memang sangat erat dipengaruhi oleh rasa cemas, khawatir dan serangan panik.

Hiperventilasi cenderung terjadi pada proses persalinan pertama. Sangat dianjurkan untuk berlatih pernapasan. Biasanya diajarkan di kelas-kelas persalinan atau saat senam hamil.

Mengonsumsi makanan berat dan berminyak
Proses persalinan djiamin akan sangat menguras tenaga. Ibu perlu menjaga menghadapi proses persalinan berlangsung. Salah satu cara terbaik menjaga stamina adalah dengan mengurangi mengkonsumsi makanan berat dan berminyak saat sebelum melahirkan atau sebetulnya.

Terutama saat sudah memasuki bulan ke-9 kehamilan. Makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah oatmeal, buah-buahan, bar, keju, dan yogurt.

Selengkapnya baca di sini.

 

Join Dream.co.id