Buah Hati Sulit Buang Air Besar, Segera Lakukan 3 Hal Ini

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  8 Maret 2020 10:29

Masalah yang kerap dianggap sepele ini bisa berdampak buruk pada organ lainnya jika tak segera ditangani.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Masalah pencernaan pada anak tak boleh disepelekan. Hal ini akan menghambar penyerapan gizi yang dibutuhkannya untuk tumbuh kembang optimal. Salah satu masalah cerna yang sering terjadi pada si kecil adalah sulit buang air besar atau konstipasi.

Saluran cerna merupakan sistem kompleks yang dibangun oleh 40 persen jaringan limfoid atau Gut Associated Lymphoid Tissue (GALT). Sistem ini menghasilkan 80 persen antibodi dan ratusan juta sel saraf.

Jika terdapat masalah akan berdampak pada organ lainnya. Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenteropologi Hepatilogi Anak RS Pondok Indah dan Bintaro Jaya, dr. Frieda Handayani K., Sp. A (K) menyebutkan bahwa konstipasi dapat ditandai dengan frekuensi Buang Air Besar (BAB) kurang dari dua kali dalam seminggu. Anak akan mengedan dan kesakitan karena fesesnya yang keras dan bulat.

Terdapat dua tipe feses anak saat konstipasi, yaitu feses yang berbentuk bulatan-bulatan kecil seperti bulatan kecil seperti kacang, sangat keras, dan amat sulit untuk dikeluarkan. Sedangkan yang kedua berbentuk seperti sosis yang permukaannya menonjol-nonjol, tidak rata, agak keras, dan terlihat seperti akan terbelah berkeping-keping.

Dalam menanganinya, terdapat tiga langkah yang perlu dilakukan antara lain:

 

Selanjutnya : 1. Clean-out treatment
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Insiden Menyakitkan Mahkota Mrs Sri Lanka Dicopot Paksa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :