Buah Hati Harus Jalani Tes Covid-19, Apa yang Harus Disiapkan?

Do It Yourself | Jumat, 3 Juli 2020 10:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Ikuti prosedur medis, jangan panik.

Dream - Menjalani tes covid-19 dalam situasi seperti sekarang ini memang cukup menegangkan. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 juga harus melakukan tes.

Begitu pun anak yang mengalami gejala covid. Dokter bisa merekomendasikan untuk menjalani swab test atau rontgen paru-paru. Tes covid-19 sendiri terdiri dari dua jenis, melalui darah dan swab test.

Untuk tes darah merupakan rapid test yang hasilnya bisa keluar dalam sehari, tapi tingkat keakuratannya tak mencapai 50 persen. Hasilnya bisa saja negatif palsu. Untuk tes swab, memiliki tingkat keakuratan hingga 90 persen.

Bila ingin menjalani tes, akan lebih baik memilih swab test yang hasilnya lebih akurat.

 

Buah Hati Harus Jalani Tes Covid-19, Apa yang Harus Disiapkan?
Tes Swab (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Siapkan Mental

Bagaimana jika anak diminta melakukan test? Lakukan sejumlah persiapan, pertama tentu saja mental.

Hasil tes bisa negatif atau positif, untuk itu kesiapan mental sangat diperlukan. Tak perlu panik, apapun hasilnya ikuti rekomendasi petugas medis, jangan bertindak sendiri karena bisa membahayakan orang sekitar. Bila positif maka harus siap menjalani isolasi baik di rumah maupun di rumah sakit.

 

3 dari 5 halaman

Barang Kebutuhan Pribadi

Kedua, persiapkan baju ganti, masker, makanan dan botol minum. Bawa alat-alat pribadi agar tak perlu menggunakan dan mencari barang yang dibutuhkan untuk meminimalisir kontak. Stok masker sebanyak mungkin, karena anak mudah sekali membasahi/ mengotori atau menghilangkan masker.

 

4 dari 5 halaman

Ketahui tes yang bakal dilakukan

Ketiga, kenali tes yang harus dilakukan. Untuk tes rapid, menggunakan darah. Nantinya darah anak akan diambil kemudian ditetesi pada kit. Cukup praktis, tapi pastinya anak akan kesakitan terkena jarum suntik. Mungkin bisa mengalihkan perhatiannya untuk meredam rasa takut dan sakit.

Bila harus melakukan swab test, jangan kaget dengan alat panjang yang ujungnya terdapat kapas. Alat ini untuk mengambil cairan hidung dan saat diambil akan sedikit sakit. Anak mungkin akan berontak atau bahkan trauma.

 

5 dari 5 halaman

Bawa mainan

Keempat, bawa mainan atau barang favorit anak. Berikan ia mainan atau tablet atau bantal yang bisa dipeluk/ digenggam untuk meredakan panik. Beritahu anak, tes tersebut dilakukan agar ia tak terkena virus nakal. Siapkan stiker lucu untuknya dan berikan setelah tes dilakukan.

Ingat, lebih baik tes dilakukan untuk mengetahui kondisi anak secara detail. Kuncinya, jangan panik.

Join Dream.co.id