Bleb, Masalah Menyusui yang Tak Banyak Diketahui

Do It Yourself | Kamis, 11 Oktober 2018 16:13

Reporter : Mutia Nugraheni

Muncul titik putih seperti jerawat di bagian puting payudara.

Dream - Karry Waren mengalami pembengkakan payudara saat bayinya memasuki usia 6 bulan. Padahal secara rutin, Waren menyusui bayinya. Untuk mengatasi masalah tersebut, ia lalu berkonsultasi dengan konsultan laktasi.

Ternyata saat diperiksa kondisi payudaranya tak masalah, hanya bengkak dan tak mengalami mastitis. Pijatan di seitar payudara pun diberikan untuk melancarkan aliran air susu ibu.

" Tetapi pada saat saya tiba di rumah, benjolan itu seukuran mangga, dan semakin besar setiap jam, menjadi luar biasa menyakitkan," kata Waren, seperti dikutip dari KidSpot.

Ternyata setelah diperhatikan ada titik putih di area puting, hampir seperti jerawat kecil mungil. Waren pun memencetnya ternyata keluar ASI cukup banyak memenuhi kantung hingga 150 ml.

" Ketika aliran berhenti, payudara saya kembali normal dan rasa sakitnya hilang," ungkap Warren.

Bleb, Masalah Menyusui yang Tak Banyak Diketahui
Ibu Menyusui (Foto: Shutterstock)
2 dari 2 halaman

Aliran ASI Tertutup

Ternyata hal yang dialami Warren dikenal dengan istilah 'bleb'. Fenomena yang cukup umum yang kebanyakan ibu belum pernah dengar dan banyak dokter bahkan tidak tahu.

" Diperkirakan para ibu yang sangat lelah dan stres sering mengalami bleb atau bintik putih yang terjadi secara acak atau berulang-ulang," kata Lynne McKensey-Hall, seorang konsultan laktasi internasional dan bidan.

Hal ini bisa terjadi karena ASI begitu kental dan menghalangi saluran di dekat ujung puting sehingga menyebabkan rasa sakit. Jika didiamkan dapat berkembang menjadi mastitis dan membuat ibu demam.

" Perawatan lebih lanjut mungkin diperlukan, umumnya dengan menggosok lembut ujung puting dengan kain hangat dan segera menyusui bayi ke payudara untuk membuka sumbatan," ujar Lynne.

Jika hal ini tidak berhasil, disarankan untuk melakukan konsultasi medis. Bisa jadi dibutuhkan intervensi medis yang lebih efektif untuk mengatasinya.


Sumber: KidSpot

Join Dream.co.id