Bidan Ungkap Posisi Persalinan Normal yang Sering Digunakan di Indonesia

Do It Yourself | Kamis, 9 Desember 2021 10:08

Reporter : Mutia Nugraheni

Seperti apa posisinya?

Dream - Setiap ibu yang tengah hamil, harapannya tentu menjalani persalinan yang lancar. Proses persalinan faktanya tak selalu mudah. Salah satu yang menentukan kelancarannya adalah posisi.

Selama ini, persalinan identik dengan posisi dengan kaki membuka lebar dan memang yang paling sering dilakukan pada ibu saat melahirkan. Sebenarnya ada banyak posisi persalinan normal yang bisa dilakukan.

Apapun posisinya, keselamatan ibu dan janin adalah yang utama. Bidan Ony pemilik akun Instagram @bidankriwil mengungkap ada tiga posisi persalinan yang paling sering dilakukan di Indonesia. Penasaran apa saja?

" Sebenarnya ada banyak variasi posisi melahirkan yang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Mana pun yang dipilih tentu yang paling utama adalah keselamatan ibu dan bayi serta kenyamanan ibu," tulis Bidan Ony.

 

Bidan Ungkap Posisi Persalinan Normal yang Sering Digunakan di Indonesia
Ibu Hamil/ Foto: Shutterstock
2 dari 4 halaman

Seperti Apa Posisinya?

Posisi Setengah Duduk
Kelebihan: ibu merasa rileks, janin mudah turun, suplai oksigen ke janin lancar, penolong mudah membantu proses kelahiran.
Kekurangan: Sulit dilakukan periksa dalam, ibu mudah merasa pegal di area punggung (terutama jika persalinan lama)

Posisi Berbaring
Kelebihan: Penolong mudah melakukan observasi persalinan dan pertolongan persalinan
Kekurangan: Suplai oksigen ke janin relatif berkurang, ibu lebih sulit untuk mengejan karena tidak ada bantuan gravitasi.

Posisi Baring Miring Kiri
Kelebihan: Pasokan oksigen ke janin lancar, janin lebih mudah turun, persalinan lebih nyaman ibu lebih hemat energi
Kekurangan: Penolong persalinan lebih sulit menolong persalinan tindakan medis seperti episiotomi lebih sulit dilakukan.

3 dari 4 halaman

Tunggu Bukaan Persalinan, Bidan Sarankan 3 Goyangan Ini

Dream - Bagi ibu hamil yang sedang menanti persalinan buah hati, penting untuk menyiapkan fisik dan mental. Salah satunya dengan menambah pengetahuan tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan saat menunggu bukaan lengkap.

Ada yang bukaan 1 hingga 10 terjadi dengan cepat, tapi ada juga yang sebaliknya. Butuh waktu lama hingga bukaan mencapai 10. Untuk menunggu, ibu hamil disarankan untuk melakukan banyak gerak.

Bidan Ony, seorang bidan profesional yang juga praktisi yoga hamil, lewat akun Instagramnya @bidankriwil menyarankan untuk melakukan beberapa gerakan goyang. Lewat video yang diunggahnya, Bidan Kriwil menunjukkan gerakan mudah bagi ibu hamil saat menunggu bukaan.

 Bidan Kriwil© Bidan Kriwil

" Nunggu bukaan nambah sambil ngapain?? Sambil goyang dong,"  tulisnya.

 

4 dari 4 halaman

Lihat video gerakan

Untuk gerakan pertama, ia menyarankan Table Pose. Caranya dengan majukan tangan satu langkah ke depan lalu goyang pinggul. Lakukan beberapa kali, untuk membantu bukaan lebih lancar.

Bisa juga lakukan gerakan Kneeling Hip Circles, dan posisi memutar. Berikut videonya.

      View this post on Instagram

A post shared by Bidan Ony | Kriwilife (@bidankriwil)

 

Join Dream.co.id