Bidan Diskors karena Dampingi Persalinan Kembar di Rumah

Do It Yourself | Kamis, 15 November 2018 18:36
Bidan Diskors karena Dampingi Persalinan Kembar di Rumah
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Reporter : Mutia Nugraheni

"Ini malah seperti mengiklankan kalau dirinya tak kompeten".

Dream - Hamil anak kembar termasuk kehamilan berisiko. Untuk itu selama kehamilan, pemeriksaan harus dilakukan lebih intensif, termasuk juga saat persalinan. Seorang ibu di Australia membuat heboh setelah melahirkan anak kembarnya secara normal di rumah dengan hanya bantuan bidan.

Mirisnya lagi, sang ibu tak pernah memeriksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungannya. Sang bidan yang membantu melahirkan juga baru tahu saat persalinan kalau ibu tersebut mengandung anak lelaki kembar.

Persalinan dilakukan dengan alat seadanya yang ada di rumah. Bayi tersebut lahir di usia kehamilan 35 minggu. Setelah persalinan, ibu dan kedua anaknya dilarikan ke rumah sakit.

Tak disangka setelah persalinan dilakukan, bidan yang membantu dikenai skors. Ia tak diizinkan melakukan tugasnya sebagai bidan selama beberapa waktu. Pasalnya, sang bidan mempromosikan persalinan normal berisiko tersebut di akun Facebooknya.

" Ini malah seperti mengiklankan kalau dirinya tak kompeten untuk mendampingi persalinan yang aman," ungkap salah satu akun.

Kondisi ibu dan bayinya kini baik-baiknya. Sang bayi menjalani perawatan di inkubator karena termasuk prematur. Persalinan di rumah bagi sebagain orang merupakan pilihan yang paling nyaman, tapi risiko juga sangat besar. JIka ibu dan bayi tak ditangani secara cepat bisa berdampak fatal

Sumber: KidSpot

Join Dream.co.id