Berikan Obat untuk Si Kecil, Lakukan dengan Hati-hati

Obat cair untuk anak/ foto: shutterstock
DO IT YOURSELF  |  4 Desember 2020 12:04

Penting diketahui kalau pemberian obat pada anak-anak harus ekstra hati-hati.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Situasi pandemi seperti sekarang membuat orangtua sebisa mungkin tidak membawa anak keluar rumah. Mungkin juga muncul rasa takut untuk ke dokter saat anak sakit.

Untuk menyiasati, saat si kecil mengalami sakit ringan maka diberikan obat yang banyak dijual bebas. Penting diketahui kalau pemberian obat pada anak-anak harus ekstra hati-hati.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics pada Oktober 2016 lebih dari 80 persen orangtua membuat setidaknya satu kesalahan dosis saat mengukur obat cair untuk anak-anak.

Sebagian besar kesalahan pengobatan terjadi saat memberikan pereda nyeri cair yang dimaksudkan untuk mengurangi demam seperti asetaminofen dan ibuprofen, diikuti dengan obat antibiotik dan alergi. Joelene Huber, dokter anak dan asisten profesor pediatrik di University of Toronto, meminta para orangtuan untuk lebih teliti saat memberikan obat anak.

" Buat daftar semua obat yang dikonsumsi saat ini. Jika anak meminum satu obat, selalu tanyakan kepada dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat yang lain, apakah itu obat resep, vitamin, atau obat herbal," ujar Huber, dikutip dari Todays Parent.

 

Selanjutnya : Perhatikan Alergi Obat
Mereka Orang Indonesia Pertama yang Mendapatkan Vaksin Sinovac
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
KONSER AMAL KREATIF LOKAL 2021
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :