Berapa Kali Maksimal Operasi Caesar Aman Dilakukan? Cari Tahu Jawabannya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  6 Maret 2020 10:01

Bagi ibu, ketika menjalani operasi caesar, risiko kesehatan yang dialaminya akan terus bertambah.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kondisi darurat bisa saja terjadi selama masa persalinan. Dokter pun punya pertimbangan sendiri ketika memutuskan apakah persalinan bisa dilakukan secara normal atau harus melalui operasi caesar.

Bagi ibu, ketika menjalani operasi caesar, risiko kesehatan yang dialaminya akan terus bertambah. Risiko persalinan caesar akan lebih tinggi pada anak kedua dan selanjutnya. Bisa berupa pendarahan, komplikasi dan masih banyak lagi.

Jadi, berapa kali operasi caesar aman dilakukan? Jawabannya sangat tergantung kondisi ibu dan kehamilan. Ada ibu yang menjalani 6 kali operasi caesar tanpa komplikasi sama sekali.

Untuk mengetahui apakah seorang ibu aman menjalani operasi caesar atau tidak, dokter akan melihat riwayat kesehatannya. Seperti apakah pernah melahirkan normal setelah caesar (vaginal birth after ceasarean/ VBAC), riwayat komplikasi, keguguran atau pendarahan.

" Saya telah melakukan operasi caesar keenam pada seorang wanita tanpa kesulitan atau komplikasi. Saya juga telah melakukan operasi caesar kedua dengan banyak adhesi dan komplikasi potensial," kata Jason S. James, MD, ketua Departemen Kebidanan dan Ginekologi di Rumah Sakit Miami, dikutip dari Parents.

Setiap wanita berbeda, jadi dokter perlu menganalisis kesehatan, riwayat, dan risikonya sebelum memutuskan prosedur medis. Untuk membantu mencegah komplikasi, David Ghausi, D.O., ketua departemen kebidanan dan ginekologi di Rumah Sakit Los Robles merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 6 bulan setelah operasi caesar sebelum hamil lagi.

" Tidak ada angka pasti karena tiap tubuh ibu memiliki kondisi masing-masing," ungkapnya.

Selanjutnya : Jarak Kehamilan yang Aman Setelah Operasi Caesar
Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :