Bentuk Kebiasaan Makan yang Baik Pada Si Kecil

Do It Yourself | Senin, 18 Oktober 2021 18:52

Reporter : Mutia Nugraheni

Sediakan beberapa camilan yang bergizi dan jadilah contoh utama dalam menerapkan pola makan yang sehat.

Dream - Beberapa anak susah sekali saat diminta menghabiskan makanannya, mereka lebih suka menikmati camilan. Terutama makanan/ minuman dingin dan manis. Rasa segar tersebut memang membuat anak-anak ketagihan.

Sesekali memang tak masalah, tapi jangan sampai anak selalu menikmati kudapan yang tak sehat. Masa kanak-kanak adalah masa kritis dalam tumbuh kembang seseorang serta merupakan tahapan kunci dalam pembentukan fisik dan kemampuan mentalnya.

Asupan gizi berperan besar untuk perkembangan fisik dan kognitifnya. Untuk itu penting menyediakan camilan yang sehat bagi anak-anak dan mengandung gizi tinggi.

“ Si kecil memiliki lambung yang lebih kecil dari orang dewasa sehingga ia akan makan dengan porsi yang kecil-kecil dulu. Nah, untuk melengkapi asupan gizi seimbang harian dan mengimbangi energi yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari termasuk belajar dan bermain, di sela-sela makanan pokok, si kecil membutuhkan camilan. Namun, jangan sembarang dalam memberikan camilan ya," kata dr. Attila Dewanti Poerboyo Sp. A (K), dalam rilis yang diterima Dream.co.id

Bentuk Kebiasaan Makan yang Baik Pada Si Kecil
Anak Menikmati Camilan/ Foto: Shutterstock
2 dari 2 halaman

Coba terapkan cara ini

Camilan sehat sama pentingnya dengan makanan utama. Bantu tanamkan kebiasaan makan yang baik untuk si kecil dengan memberikan contoh yang baik baginya, yang bisa membantu menjaga berat badan seimbang si kecil dan mengalami pertumbuhan yang baik. Kebiasaan makan baik dari usia dini juga akan membantu si kecil menjalankan gaya hidup sehat saat ia tumbuh dewasa.

Berikut beberapa cara untuk membantu menanamkan kebiasaan makan yang baik pada si kecil:
- Atur waktu makan dengan seluruh keluarga. Usahakan untuk selalu makan bersama si kecil baik itu untuk santapan utama maupun menikmati camilan sehat
- Berikan makanan yang bervariasi dan seimbang dari semua kelompok sumber zat gizi
- Berikan makanan yang bisa dengan mudah dicerna oleh anak, seperti makanan yang sudah dipotong-potong kecil ataupun ditumbuk halus
- Bantu si kecil belajar menggunakan sendok atau milih camilan dengan kemasan siap santap
- Libatkan si kecil saat memilih dan mempersiapkan hidangan dan menata meja makan

 Yogurt Pouch Greenfields© Greenfields

Salah satu camilan sehat yang bisa diberikan adalah yogurt. Kini banyak sekali produk yogurt dalam kemasan praktis yang bisa dinikmati anak. Salah satunya Greenfields Kids Yogurt Pouch yang hadir dalam empat rasa. Yaitu Original, Blueberry, dan Strawberry. Yogurt ini juga menggunakan kemasan squeeze pouch dengan bentuk yang membuatnya mudah untuk digenggam anak tanpa harus takut isinya tumpah.

Join Dream.co.id