Bayi Perempuan yang Baru Lahir Bisa Menstruasi, Ini Sebabnya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  13 Februari 2020 16:03

Layaknya menstruasi pada orang dewasa, darah tersebut juga berasal dari rahim bayi.

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Perhatikan Gejala Lainnya

Tangan dan Kaki Dingin

Saat kaki dan tangan bayi terasa dingin, tidak hangat, ini bisa menjadi tanda bahwa si kecil kekurangan zat besi. Dinginnya tangan dan kaki ini disebabkan karena oksigen yang tidak terpenuhi. Kurangnya zat besi dalam tubuh bisa membuat penyebaran oksigen di seluruh tubuh tidak merata.

Pertumbuhan dan Perkembangannya Terlambat
Saat kandungan zat besi pada bayi kurang, perkembangan dan pertumbuhan anak akan terhambat. Pasalnya, zat besi yang kurang akan memengaruhi jumlah darah di dalam tubuh bayi. Darah membawa banyak nutrisi ke seluruh tubuh. Jika kurang darah, organ tubuh bayi jadi tidak bekerja secara maksimal. Alhasil, perkembangan bayi jadi terlambat.

Pernapasan Bayi Tidak Lancar
Saat zat besi pada bayi kurang, maka pasokan darah dan oksigen dalam tubuh si kecil berkurang. Pada akhirnya, bayi Anda rentan mengalami sesak napas. Ini karena kadar oksigen dan darah yang diedarkan paru-paru ke sistem pernapasan tubuh jumlahnya kurang.

Perbanyak memberikan menu-menu yang kaya zat besi tinggi. Makanan sumber zat besi antara lain hati ayam, daging ayam, daging ikan, tahu, kacang polong, dan juga telur.

Berikan si kecil sayuran yang tinggi vitamin C, misalnya seperti sari jeruk yang rasanya tidak terlalu asam.

Penting juga untuk konsultasi dengan ahli gizi atau dokter spesialis untuk mendiagnosis kondisi kekurangan zat besi bayi. Selengkapnya baca di sini.

 

Gempa Besar Guncang Sulewesi Barat di Dini Hari
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Mengenal Pandemic Fatigue, Hal yang Banyak Dialami Masyarakat
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :