Bayi Perempuan yang Baru Lahir Bisa Menstruasi, Ini Sebabnya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  13 Februari 2020 16:03

Layaknya menstruasi pada orang dewasa, darah tersebut juga berasal dari rahim bayi.

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Dream - Menstruasi pada umumnya dialami oleh anak perempuan yang telah memasuki usia pubertas. Siklus ini terjadi secara alami di setiap bulan. Namun ternyata, menstruasi juga bisa dialami oleh bayi yang baru lahir.

Kondisi itu disebut dengan Neonatal Uterine Bleeding (NUB). Bercak darah keluar dari vagina bayi perempuan tepat ketika ia dilahirkan. Layaknya menstruasi pada orang dewasa, darah tersebut juga berasal dari rahim bayi.

" Kasusnya terjadi sekitar 5 persen. Setelah tali pusat dipotong dia (bayi) mengalami menstruasi. Hal ini sebenarnya tidak lazim," kata Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, M.Sc, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin dan Reproduksi RS Pondok Indah di Jakarta, Kamis 13 Februari 2020.

 Dokter Kanadi

( Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, (Foto: Mutiara/ Dream)

Menstruasi neonatal terjadi akibat respons tubuh bayi terhadap hormon sang ibu. Lonjakan kadar hormon estrogen ibu saat hamil dapat merangsang pertumbuhan rahim janin perempuan. Hormon ini disalurkan melalui plasenta ke dalam aliran darah janin.

" Seharusnya rahim bayi belum sensitif terhadap hormon. Paparan hormon seharusnya tidak akan menyebabkan hal apa pun selama bayi itu sehat," jelasnya.

 

 

Selanjutnya : Penyebab Bayi Menstruasi
Keseruan Bertabur Hadiah di BRITAMA FSTVL!
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :