Bayi Bermain Air Liur, Ternyata Ada Manfaatnya

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  2 Juli 2019 18:07

Justru jadi tahapan penting untuk perkembangan oral motoriknya.

Reporter :

Dream - Bibir bayi yang dipenuhi dengan air liur memang membuat kita sebagai orangtua ingin segera membersihkannya. Namun beberapa saat kemudian, si kecil kembali memainkan ludah dan membasahi seluruh pakaiannya.

Hal ini sebenarnya pertanda positif dan kita tak perlu menghentikannya. Biarkan saja bayi bermain dengan air liurnya. Apalagi jika ia menggetarkan bibirnya lalau mengelurarkan suara 'brrrr' dan muncul gelembung liur di bibirnya.

Momen tersebut, seperti dikutip dari Klinikdrtiwi.com, biasanya dimulai sekitar usia 2 bulan. Akan semakin sering dan diikuti bunyi karena getaran bibir baru bisa dilakukannya pada usia sekitar 5 bulan.

Para ahli perkembangan di belahan dunia barat menyebut gerakan ini sebagai blowing raspberry, karena gerakan bibir bayi ini sangat mirip gerakan orang dewasa memilah dan mengeluarkan biji saat makan raspberry.

Sebenarnya, ketika bayi mulai gerakan blowing raspberry, ia sedang berlatih mengendalikan lidah, otot bibir, dan otot pipinya secara bersamaan. Tentunya, mulut si kecil bakal dipenuhi air liur.

Ada tiga hal yang bakal dilatih dari hal ini. Apa saja?

Selanjutnya : Mengoceh
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Sebelum Anak Kembarnya Meninggal, Ammar Zoni Bermimpi Bertemu Kedua Bayinya
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :