Arumi Keguguran di Awal Kehamilan, Waspada Penyebabnya

Arumi dan Emil Dardak (Foto: Instagram Arumi)
DO IT YOURSELF  |  19 Februari 2019 16:12

Keguguran seperti yang dialami Arumi, di awal atau trimester pertama kehamilan memang kerap terjadi.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Kabar duka datang dari keluarga Arumi Bachsin dan Emil Dardak. Pasangan ini baru saja kehilangan calon anak mereka. Arumi mengalami pendarahan dan dokter menyatakan kalau mantan pesinetron itu mengalami keguguran.

Menurut Emil, kondisi kandungan Arumi sebelumnya baru saja memasuki usia 3 bulan atau trimester pertama. Dikutip dari Liputan6.com, Arumi sebelum keguguran memang terlihat pucat.

Keguguran seperti yang dialami Arumi, di awal atau trimester pertama kehamilan memang kerap terjadi. Biasanya dokter atau bidan menyarankan ibu untuk beristirahat total jika diketahui kondisi janin dan ibu tidak maksimal.

Umumnya, keguguran di trimester pertama kehamilan, karena terdapat masalah pada janin.

" Pada kasus keguguran di awal kehamilan, sebagian besar penyebabnya adalah kromosom yang kurang berkualitas. Kromosom dari embrio tak cukup kuat sehingga mudah mengalami gangguan hingga keguguran," ujar Helain Landy, profesor obstetri dan ginekologi dari Georgetown University Hospital, seperti dikutip dari Parents.

Penyebab lainnya adalah ketidakseimbangan hormon. Contohnya, kadar progesteron yang tidak cukup mencegah sel telur yang telah dibuahi tertanam dalam rahim. Adanya masalah pada rahim juga kerap jadi pemicu keguguran di awal kehamilan.

" Fibroid atau jaringan rahim di dalam rahim dapat mengganggu implantasi atau suplai darah ke janin. Beberapa wanita dilahirkan dengan septum, cacat rahim yang tidak biasa dan bisa menyebabkan keguguran," ungkap Landy.

Penting untuk segera memeriksakan diri jika mengalami gejala keguguran. Antara lain perut terasa keram hingga melilit, pendarahan atau flek diserta nyeri yang menjalar ke area punggung.

Streaming Mengintip Incaran Rumah Baru Keluarga Anang, Harganya Rp 60 Miliar!
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Mengintip Incaran Rumah Baru Keluarga Anang, Harganya Rp 60 Miliar!
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :