Amankah Jika Ibu Hamil Sering Lakukan USG 4D?

Pemeriksaan ultrasonografi/ Shutterstock
DO IT YOURSELF  |  16 Mei 2021 10:34

Ternyata begini faktanya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Pemeriksaan ultrasonografi (USG) penting dilakukan selama masa kehamilan. Hal ini untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Alat ini menggunakan pencitraan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan kondisi janin dalam kandungan.

Kini, alat sudah sangat canggih dan tersedia juga pilihan USG 3D dan 4D dengan teknologi lebih canggih. Bagi ibu yang ingin mengetahui kondisi janin secara lebih detail, pilihan USG 4D pun diambil. Mungkin banyak yang bertanya, apakah aman jika pemeriksaan USG 4D sering dilakukan.

Karena hasil yang diberikan dianggap lebih memuaskan, USG 4D kerap populer di kalangan ibu hamil. Namun, adakah efek samping atau bahaya USG 4 dimensi bagi kesehatan janin?

Melansir What to Expect, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mengatakan, meskipun tidak ada risiko yang diketahui dari USG untuk wanita hamil, teknologi ini harus digunakan dengan hati-hati dan hanya untuk tujuan medis. Menurut Food and Drug Administration (FDA), Amerika Serikat, ketika alat ultrasound memasuki tubuh, alat itu sedikit memanaskan jaringan tubuh tertentu. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat menciptakan kantung gas kecil di dalam cairan atau jaringan tubuh.

 

Selanjutnya : Pentingnya Pemeriksaan USG
BERANI BERUBAH: Masker Kulit Sapi Pembuka Pintu Rezeki
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Masker Kulit Sapi Pembuka Pintu Rezeki
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :