Amandel Si Kecil Bengkak dan Meradang, Ketahui Gejalanya

Anak sakit tenggorakan (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  8 Januari 2020 14:03

Jika si kecil berkata kalau tenggorokannya sakit, orangtua harus waspada.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Ada kalanya anak sangat rewel, tak mau makan dan sulit sekali tidur. Pada anak yang sudah berbicara dengan jelas, biasanya akan mengungkapkan apa yang dirasakannya.

Jika si kecil berkata kalau tenggorokannya sakit, orangtua harus waspada. Bisa jadi hal tersebut bukan hanya karena sedang flu atau radang tenggorakan, tapi karena amandelnya yang mengalami peradangan atau disebut tonsilitis.

Tonsilitis adalah peradangan jaringan amandel akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Sangat menyakitkan dan membuat anak sulit menelan serta kehilangan nafsu makan bahkan memicu penurunan berat badan secara drastis.

Amandel sendiri merupakan bagian dari sistem limfatik dan termasuk garis pertahanan pertama tubu. Amandel berada di sisi kiri dan kanan tenggorokan dan terlihat sebagai dua benjolan merah muda di bagian belakang mulut.

Fungsinya adalah mlindungi sistem pernapasan bagian atas dari patogen yang masuk ke dalam tubuh melalui rute hidung atau oral. Hal itu membuat amandel sangat rentan terhadap infeksi, yang menyebabkan tonsilitis.

 

Selanjutnya : Penyebab Tonsilitis Pada Anak
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Sepak Terjang Putri Tanjung yang Berhasil Memikat Jokowi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :