Alasan Perawatan Kulit Bayi Butuh Perhatian Khusus

Do It Yourself | Jumat, 22 Januari 2021 14:04
Alasan Perawatan Kulit Bayi Butuh Perhatian Khusus

Reporter :

Jangan sampai kulitnya bermasalah dan membuat rewel.

Dream - Kulit bayi yang bermasalah tentunya akan memunculkan kekhawatiran. Kemerahan, gatal, iritasi kerap kali muncul pada kulit bayi dan kadang disertai rewel. Kulit bayi memang sangat sensitif dan butuh perlakuan khusus.

Menurut dr. Armansjah Dara, dalam acara Momami Baby Care secara virtual pada 21 Januari 2021 kemarin, bayi sering mengalami ruam popok, dermatitis atopic, dermatitis seboroik, pyoderma, keratosis piliaris hingga skabies.

" Hal itu lumrah terjadi dan dapat diatasi dengan menjaga kebersihan bayi serta memberikan produk yang tepat yang menggunakan kandungan alami. Dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit bayi memang cenderung tipis," kata dr Armansjah.

Kondisi kulit yang tipis itulah menyebabkan kulit bayi lebih mudah mengeluarkan penguapan cairan dalam tubuh, sehingga mudah kering dan iritasi. Kulit memiliki berbagai macam fungsi salah satunya merupakan pertahanan atau pelindung dari suhu udara maupun dari benda yang tersentuh ke tubuh kita.

" Karena kulit bayi belum tumbuh dengan sempurna, maka kecenderungan terjadi iritasi dan sensitif memang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa," ungkap dr Armansjah.

Sebagai langkah pencegahan, para ibu bisa memberikan perlindungan berlapis. Gunakan produk untuk kulit bayi yang memang terbukti secara ilmiah aman. Perhatikan juga reaksi yang muncul saat menggunakannya. Bila ada kemerahan atau iritasi, mungkin si kecil tak cocok menggunakan produk tersebut.

 Momami
© Momami

Salah satu yang produk perawatan bayi yang bisa jadi pilihan yaitu Momami, ada Happy Wash Hair, Bubbly Body Wash, Softie Top to Toe Wash, dan Silky Liquid Talc. Produk ini diklaim telah diuji secara dermatologis, hypoallergenic dan non-iritasi.

" Setelah meluncurkan produk pertama kami di tahun 2019, Momami merasa perlu menambahkan rangkaian produknya untuk bayi dan anak. Rangkaian Baby Care yang terbuat dari bahan alami yang sudah diuji secara klinis, hypoallergenic dan bersertifikasi halal, sehingga para orang tua tidak perlu khawatir," ujar Lina Paulina, Vice President Momami.

2 dari 6 halaman

Kondisi Gatal Pada Kulit Anak yang Tak Boleh Disepelekan

Dream - Anak-anak seringkali mengalami kulit kemerahan, disertai gatal, disertai rasa perih dan kulit mengelupas. Kondisi ini biasanya dikira alergi atau keluhan ringan yang bakal mereda dengan sendirinya.

Terutama setelah anak bermain di luar ruangan atau panas-panasan. Keluhan tersebut bisa jadi gejala Dermatitis Atopik (DA), terutama bila disertai dengan penebalan kulit.

Dermatitis atopik pada anak merupakan kondisi eksim pada kulit dengan jangka panjang yang umumnya terjadi pada saat masih kecil, tetapi terkadang juga dapat berlanjut hingga dewasa. Tim dari University of Rochester Medical Center menjelaskan bahwa dermatitis atopik biasanya muncul pertama kali pada usia 3-6 bulan.

Dermatitis Atopik biasanya disebabkan oleh faktor eksternal, seperti cuaca musim dingin, kering, suhu panas, dan kulit yang kurang lembap. Bisa juga disebabkan debu, serbuk kayu, serbuk gypsum, semen, dan deterjen.

Jika di rumah memiliki hewan peliharaan, bulu hewan peliharaan dan gigitan serangga atau tungau juga bisa menjadi pemicu. Tidak hanya itu, daya tahan tubuh, stres emosional juga sangat memungkinkan anak Anda terkena DA.

Selengkapnya baca di Diadona.id

3 dari 6 halaman

Mengenal Jenis Penyakit Kulit Bayi dan Cara Mencegahnya

Dream - Bayi sangat rentan mengalami masalah kulit. Apalagi pada kondisi kulit bayi yang baru lahir dan memasuki usia balita.

Salah satu yang paling sering muncul di kulit bayi adalah biang keringat. Namun tak sedikit ibu yang bingung membedakan biang keringat dengan penyakit kulit lain.

Biang keringat pada bayi kerap disalahartikan sebagai eksim atau lebih dikenal ruam susu. Padahal keduanya berbeda dan memiliki metode penyembuhan yang berbeda pula.

Ruam susu pada umumnya ditemukan di bagian pipi bayi. Namun tak memungkiri bahwa bercak tersebut sebenarnya merupakan biang keringat.

" Kalau benar dermatitis atopik (eksim) ya memang benar kalau kita berikan antiinflamasi dan pelembap. Misalnya minyak kelapa. Tapi kalau biang keringat, justru tidak boleh diobati seperti itu," tutur dr. Hafiza Fikri F, SpKK dalam sesi Dreamitie Online Meetup bersama Dream, Kamis 30 April 2020.

4 dari 6 halaman

Biang Keringat dan Eksim

Biang keringat biasanya terjadi di area lipatan dengan porsi keringat berlebih seperti leher, punggung, dada dan perut. 

Sedangkan eksim memiliki keluhan utama berupa ruam kemerahan atau putih serta disertai rasa gatal yang lebih parah.

" Kalau biang keringat masih terus menerus terjadi hingga usia 22 bulan dan sudah pakai AC atau kipas angin, hingga sering ganti baju berarti mungkin sudah mengarah ke dermatitis atropik. Dia bahkan sensiif dengan keringatnya sendiri," jelas dr. Hafiza.

5 dari 6 halaman

Jaga Kulit Bayi

Baik eksim maupun biang keringat dapat terjadi akibat kadar sensitifitas kulit bayi. Agar kulit tidak mudah iritasi dan memicu keduanya, segera ganti pakaian bayi jika sudah basah atau berkeringat.

 Ruam Susu/Eksim/Dermatitis Atropik
© Foto: Shutterstock

Ibu juga harus memerhatikan alas tidur si kecil. Pilih sprei berbahan dasar katun yang mudah menyerap keringat.

" Suhu ruang idealnya 24-25 derajat. Kalau panas pasti muncul keringat dan bila tidak rutin mengganti baju pasti memicu penyakit kulit," dr. Haifiza menegaskan.

6 dari 6 halaman

Ruam Popok

Selain eksim dan biang keringat, penyakit kulit juga bisa terjadi dalam bentuk ruam di daerah popok. Hal ini terjadi karena popok yang mengiritasi kulit bayi.

Kulit di sekitar area bokong dan selangkangan memiliki tingkat kelembapan tinggi sehingga mudah iritasi. Ditambah lagi dengan kontaminasi jamur serta bakteri dari kotoran bayi.

" Jangan biarkan kulit berkontak dengan urin atau feces terlalu lama. Faktor kelembapan daerah itu saja sudah jadi pemicu iritasi apalagi ditambah dengan jamur dari sisa kotoran," jelasnya. (mut)

Join Dream.co.id