Alarm yang Harus Diperhatikan Saat Anak Tak Tumbuh Optimal

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  20 Februari 2020 08:03

Harus dipantau sejak lahir, jangan sampai gagal tumbuh.

Reporter : Mutia Nugraheni

Pertumbuhan Fisik

Pertumbuhan fisik yang mencakup berat badan, idealnya anak 2 tahun berkisar 10-13 kilogram dengan tinggi badan anak mencapai kisaran 84-89 cm. Masalah tumbuh kembang pada anak ini rupanya masih kurang disadari para orangtua. Mereka baru membawa anak ke klinik atau rumah sakit saat anak sudah sakit atau sudah mengalami gangguan tumbuh kembang dalam jangka waktu lama.

"Namanya pertumbuhan juga harus dipantau terus sejak anak lahir, baik saat dia masih berusia 0-18 bulan hingga usianya 5 tahun. Pada usia tersebut, anak akan kelihatan bagaimana pertumbuhan dan perkembangannya," Marion menerangkan.

"Sayangnya, lebih banyak orangtua yang bawa anak ke klinik sudah punya masalah dengan berat dan tinggi badan. Mereka tidak datang konsultasi secara reguler, tapi bawa anaknya ya pas sakit saja. Ini yang bikin dokter cemas juga sih. Karena kan dokter baru akan menyarankan intervensinya (yang seharusnya itu sudah dilakukan jauh-jauh hari)," ungkapnya.

Supaya tumbuh kembang anak terpantau dengan baik, Marion merekomendasikan, orangtua mengikuti diagram pertumbuhan (growth chart). Dalam pemaparannya, diagram pertumbuhan berupa diagram yang memuat usia dan rata-rata pertumbuhan. Semakin garis diagramnya tinggi, anak artinya tumbuh dengan baik.

Selengkapnya baca di Liputan6.com

Laporan Fitri Haryanti Harsono

Strategi Komunikasi Satgas Guna Mewujudkan Penyampaian Informasi Secara Transparan
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Himbau UMKM Untuk Disiplin Protokol Kesehatan Guna Tingkatkan Ekonomi
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :