Ajarkan 3 Hal Agar Anak Tak Nyeri Leher karena Belajar Online

Do It Yourself | Selasa, 11 Agustus 2020 14:02
Ajarkan 3 Hal Agar Anak Tak Nyeri Leher karena Belajar Online

Reporter : Mutia Nugraheni

Anak menghabiskan lebih banyak waktu depan layar daripada sebelum pandemi. Sangat berisiko mengalami nyeri bahu dan leher.

Dream - Sekolah online membuat anak-anak harus berada di depan tablet, PC, laptop dan ponsel dalam waktu cukup lama. Belum lagi saat harus mengerjakan tugas cukup banyak dan mengumpulkannya.

Anak menghabiskan lebih banyak waktu depan layar daripada sebelumnya. Hal ini membuat mereka sangat berisiko mengalami nyeri leher dan bahu, seperti yang dialami karyawan kantoran.

“ Kebiasaan postur tubuh di masa kanak-kanak dapat bertahan seumur hidup,” kata Turner Osler, M.D., seorang ahli bedah trauma, dikutip dari Parents.

Untuk itu penting mengajarkan anak kebiasaan sehat agar tak mengalami masalah otot dan postur, terutama di area leher dan bahu.

 

2 dari 4 halaman

Bagaimana caranya?

1. Mulailah Hari dengan Peregangan

Luangkan waktu lima menit untuk berlatih peregangan atau mungkin gerakan yoga dengan posisi Downward Dog dan Warrior. Regangkan seluruh tulang belakang, bukan hanya leher, dengan rotasi yang lambat. Buatlah permainan dengan meminta anak Anda " menggambar" lingkaran dengan hidung mereka di dinding sambil berdiri atau di langit-langit di atasnya sambil berbaring.

 

3 dari 4 halaman

2. Sesuaikan posisi

Saat anak memakai ponsel atau tablet, dorong mereka untuk mendekatkan perangkat ke wajahnya, bukan wajah mereka ke perangkat. Peragakan cara menahan siku ke tulang rusuk untuk mendapatkan dukungan yang lebih baik.

Jika anak duduk di depan meja, pertahankan ketinggian keyboard di siku, bagian atas monitor setinggi mata, dan kaki rata di lantai. Mengubah postur naluriah yang dikembangkan selama bertahun-tahun dapat membutuhkan waktu dan kesabaran.)

 

4 dari 4 halaman

3. Biasakan duduk dengan benar

Kebanyakan kursi tidak memiliki ketinggian yang tepat untuk anak-anak, jadi lihat apakah kursi dapat dinaikkan ke ketinggian tempurung lututnya. Cara ini akan memungkinkan punggung anak dalam posisi yang tepat. Contohkan juga cara duduk agar bahu lebih rileks.

 

Join Dream.co.id