9 Tips Liburan Bersama Anak Balita, Tanpa Takut Kewalahan

Do It Yourself | Kamis, 12 September 2019 10:03

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Menghabiskan waktu liburan bersama anak menjadi momen yang paling tunggu-tunggu.

Dream - Liburan bersama dengan keluarga tentu jadi momen yang berharga, karena tidak bisa setiap hari dilakukan. Menyediakan waktu khusus untuk liburan bersama anak, bakal jadi pengalaman yang menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga.

Berlibur bersama juga akan menambah erat hubungan antara orangtua dan anak. Ke manapun tujuan liburan yang direncanakan, hal yang terpenting untuk selalau dipertimbangkan adalah  kondisi anak. 

Bagi yang memiliki anak balita, menyiapkan liburan memang harus dilakukan dengan matang. Terutama barang-barang keperluan dan mencari tempat yang ramah anak. Berikut tips yang Sahabat Dream ikuti agar liburan jadi tak kewalahan dan menyenangkan.

9 Tips Liburan Bersama Anak Balita, Tanpa Takut Kewalahan
Sumber: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Tips Liburan Bersama Anak Balita: Persiapan Matang

Sebelum memutuskan berlibur bersama anak, persiapkan kondisi fisik dan mental orangtua, terutama yang memiliki anak bayi atau balita. Butuh banyak persiapan dan perencanaan yang matang. Untuk mempersiapkannya, berikut tips merencanakan dan mempersiapkan liburan bersama anak yang bisa dicoba:

1. Perencanaan Liburan yang Matang
Ketika merencanakan liburan bersama anak, orang tua harus menyusun berbagai kondisi yang sekiranya mungkin terjadi pada anak. Misalnya, apa yang harus dibawa untuk menenangkan anak ketika ia bosan atau menangis, dan menyiapkan segala sesuatu yang bisa membuat anak merasa nyaman saat liburan.

Jangan lupa untuk berusaha mengondisikan perasaan anak saat menjelang dan sedang liburan. Seperti yang kita tahu, perasaan anak-anak bisa berubah cepat dan drastis. Orang tua bisa menjauhkan anak dari segala sesuatu yang menyebabkan anak panik, misalnya jangan pernah terlihat panik di depan anak.

 Liburan Keluarga
© Pixabay


2. Fleksibel
Setelah mematangkan segala rencana dan ekspektasi, siapkan segala keperluannya. Jangan lupa pula untuk menyusunnya dalam kondisi yang mudah untuk dijangkau. Siapkan pula barang atau benda lain yang akan jadi alternatif apabila apa yang kita ekspektasikan sebelumnya meleset.

Anak-anak memang sulit untuk ditebak, oleh sebab itu, persiapan ketika mengajaknya liburan, terlebih untuk liburan di tempat yang jauh, sangat banyak.

3 dari 6 halaman

Tips Liburan Bersama Anak Balita di Penerbangan

Tips liburan bersama anak selanjutnya ialah tips untuk liburan yang menggunakan pesawat. Bepergian dengan pesawat bersama anak, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orang tua. Untuk mengatasi berbagai masalah di bandara dan pesawat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

3. Menyiapkan Tas Khusus Perlengkapan Anak

 Liburan Keluarga
© Shutterstock

Ketika berada di bandara, hal yang paling membuat repot ialah ketika mengantri di bagian pemeriksaan. Untuk mempermudah pemeriksaan, siapkan tas khusus keperluan anak, sehingga ketika anak rewel saat pemeriksaan keamanan, kita lebih mudah mengatasinya. Tips ini juga akan memudahkan petugas bandara ketika melakukan pemeriksaan.

4. Mengatasi Masalah Jet-Lag
Tips berikutnya ialah bagaimana cara mengatasi jet-lag pada anak. Bagi orang dewasa, mungkin bisa mengatasi masalah ini dengan mengistirahatkan tubuh sejenak. Berbeda dengan anak yang lebih aktif terlebih saat ia merasa bersemangat untuk liburan.

Cara mengatasinya ialah dengan membuat anak tidur saat perjalanan. Dan, apabila perjalanan jauh, pilihan jam terbang malam, sehingga anak bisa mengurangi jet-lag-nya, serasa seperti tidur di malam hari.

4 dari 6 halaman

Tips Liburan Bersama Anak Balita di Tempat Asing

Tips selanjutnya ialah dengan memperhatikan kondisi cuaca, dan budaya di tempat tujuan liburan. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan pada anak. Antara lain.

5. Makanan Asing
Tips liburan bersama anak yang satu ini, sangat penting untuk diperhatikan ketika berlibur ke kawasan dengan budaya dan kebiasaan yang berbeda dengan kita. Seperti makanan dan minuman yang ada di daerah tersebut. Pastikan untuk selalu membawa makanan cadangan untuk anak, seperti roti, keju, kentang atau yogurt, untuk mengantisipasi anak enggan makan saat liburan.


6. Memperhatikan Cuaca di Lokasi Tujuan

 Liburan Keluarga
© Pixabay

Selain makanan, memperhatikan cuaca di tempat liburan juga sangat penting, karena berkaitan dengan persiapan pakaian anak yang harus dibawa. Pastikan untuk selalu membawa jaket, kaos kaki, topi, baju ganti dan sarung tangan anak, ke manapun perginya. Hal ini untuk mengantisipasi cuaca yang tak terduga saat liburan.

5 dari 6 halaman

Tips Liburan Bersama Anak Balita: Perhatikan Hal Ini

7. Memberi Batasan pada Anak

Hal ini terkait keamanan dan keselamatan. Yaitu batasan untuk tak berlarian jauh dari orangtua, karena akan sangat membahayakan.

8. Memberi Waktu Jeda

 Liburan Keluarga
© Shutterstock


Waktu jeda saat liburan sangat penting. Kondisi tubuh dan kesehatan anak tentu menjadi prioritas utama. Walaupun sedang liburan, jangan sampai membuat anak kelelahan. Usahakan untuk sudah sampai di hotel sebelum terlalu larut dan biarkan anak istirahat lebih awal. Selain baik untuk anak, memberi waktu jeda istirahat, juga bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk menikmati waktu liburan berdua.

6 dari 6 halaman

Tips Mengatasi Anak yang Rewel saat Liburan

Seperti yang kita tahu, anak bisa menjadi rewel kapan saja dan tidak bisa adalah memosisikan anak dalam keadaan yang aman. Sehingga ketika ia rewel hingga mengamuk, ia tidak akan terluka.

Setelah itu, peluk anak dan buat ia merasa tenang. Apabila cara ini belum berhasil, biarkan anak melampiaskan kekesalannya terlebih dahulu, awasi dan jangan sampai anak mengganggu orang lain. Kemudian, ajak anak bicara baik-baik dan buat ia merasa tenang. (mut)

Sumber: Olivers Travels dan Belly Belly

Join Dream.co.id