8 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Do It Yourself | Minggu, 3 November 2019 16:29
8 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Kacang hijau merupakan sumber asupan nutrisi penting.

Dream – Selama kehamilan, mengonsumsi makanan sehat merupakan suatu keharusan bagi ibu hamil.  Salah satu makanan kaya akan asupan nutrisi yaitu kacang hijau.

Di balik kesederhanaannya, kacang hijau mengandung sejumlah manfaat yang baik bagi ibu hamil.  Pasalnya, kacang hijau mengandung sejumlah nutrisi penting seperti asam folat, zat besi dan thiamin.

Ketiga kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan ibu selama masa kehamilan. Ketika asupan nutrisi terpenuhi, akan sangat membantu meningkatkan tumbuh kembang janin. Tak hanya itu saja, kacang hijau juga akan memberikan manfaatnya pada ibu hmil .

Masih banyak manfaat kacang hijau bagi ibu hamil lainnya. Apa saja? Yuk simak ulasan informasi berikut yang Dream rangkum dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

1. Manfaat Kacang Hijau: Mencegah Anemia

Manfaat kacang hijau yang pertama yaitu mampu mencegah ibu terkena anemia selama kehamilan. Perlu diketahui, anemia sangat berbahaya bagi ibu hamil sebab mampu meningkatkan risiko keguguran dan terjadi pendarahan saat persalinan.

Sebenarnya, anemia mempunyai beragam jenis namun satu yang pasti kekurangan asam folat dan vitamin B12 penyebab utama ibu hamil terkena anemia.

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi kacang hijau. Kacang hijau mengandung sejumlah nutrisi penting di dalamnya termasuk asam folat dan vitamin B12. Tak hanya itu, kacang hijau juga mampu membantu proses pembentukkan hemoglobin.

2.  Manfaat Kacang Hijau: Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang hijau mengandung sejumlah asupan nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu kandungan yang dimiliki oleh kacang hijau yaitu vitamin K yang berfungsi untuk menjaga ketahanan tulang dan memperkuat tulang baik bagi ibu dan janin. Tak hanya itu saja, diketahui dalam 100 gram kacang hijau terdapat sekitar 1,4 mg zat besi.

Kacang hijau juga mempunyai kandungan kalsium di dalamnya. Kedua kandungan inilah yang memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang tulang janin. Dengan mengonsumsinya secara rutin, ibu akan terhindar dari risiko terkena gangguan osteoporosis.

3 dari 5 halaman

3. Manfaat Kacang Hijau: Menjaga Sistem Pencernaan

Sebagian besar ibu hamil cenderung mengalami gangguan pencernaan. Biasanya, ibu hamil akan kesulitan buang air besar atau sembelit di periode tertentu. Nah, saat ini Bunda sudah tidak perlu merasa cemas lagi sebab kacang hijau mampu mengatasinya. 

Hal ini karena kacang hijau merupakan makanan sumber serat yang sangat bagus bagi pencernaan. Serat memang telah dijadikan sebagai 'obat' alami bagi para penderita masalah pencernaan.

Tak hanya itu saja, kacang hijau juga bisa mencegah dan mengatasi gangguan lainnya seperti diverticulosis dan haemorrhoids. Jangan lupa, nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau ini sangat bagus untuk janin.


4. Manfaat Kacang Hijau: Menjaga Kesehatan Saraf

Setiap 100 gram kacang hijau memiliki setidaknya 0.164 mg thiamin. Bagi yang belum tahu, thiamin juga kerap disebut dengan vitamin B1. Vitamin inilah yang berperan sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi.

Tak hanya itu, thiamin juga mampu meningkatkan sistem saraf, fungsi otot serta laju kerja jantung. Maka dari itu, dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kacang hijau secara rutin dengan jumlah yang tepat pula. Setidaknya dalam satu hari Bunda mendapatkan asupan thiamin sebesar 1,4 mg.

4 dari 5 halaman

5. Manfaat Kacang Hijau: Mengatasi Morning Sickness

Sebagian besar wanita hamil akan mengalami morning sickness terutama di awal kehamilannya. Morning sickness ini bisa berupa rasa pusing, mual bahkan hingga muntah di pagi atau sore hari.

Coba mengonsumsi kacang hijau secara rutin setiap harinya. Pasalnya, kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan B2 yang cukup tinggi. Kedua vitamin inilah yang mampu mengatasi rasa mual dan muntah yang kerap mendera Bunda selama masa kehamilan.


6. Manfaat Kacang Hijau: Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu kunci asupan nutrisi bisa tersalurkan dengan baik pada janin yaitu kesehatan jantung ibu terjaga. Bila jantung dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh maka asupan gizi bisa tersalurkan dengan baik baik pula pada janin.

Terdapat banyak hal yang bisa bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung termasuk dengan mengonsumsi kacang hijau. Mengapa demikian?

Kacang hijau diketahui memiliki kadar lemak jenuh yang rendah dan lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Bagi yang belum tahu, lemak tak jenuh ini sangat baik bagi kesehatan jantung.

Setiap 100 gram kacang hijau mengandung 347 kalkalori serta 1,15 gram lemak. Dengan rendah kandungan lemak, kacang hijau juga bisa dikonsumsi mereka yang menderita kolesterol. Bonusnya, kadar kolesterol bisa menurun secara signifikan bila mengonsumsinya rutin.

5 dari 5 halaman

7. Manfaat Kacang Hijau: Sumber Energi

Kacang hijau juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang cukup tinggi. Kandungan tersebut mampu memproduksi energi yang stabil selama masa kehamilan.

Energi ini sangat dibutuhkan ibu untuk menjalankan aktivitas kegiatan setiap harinya. Tak hanya untuk ibu hamil, kacang hijau juga sangat bagus bagi ibu menyusui.


8.    Manfaat Kacang Hijau: Menjaga Kesehatan Janin

Dikatakan sebelumnya, kacang hijau merupakan makanan yang kaya akan asam folat. Asam folat memiliki peranan penting dalam memproduksi sel darah merah, membantu perkembangan tabung saraf janin menjadi otak dan sumsum tulang belakang.

Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau secara teratur dalam jumlah yang tepat. Setidaknya, ibu hamil membutuhkan sekitar 400 mcg asupan asam folat setiap harinya selama mengandung. Bonusnya, dengan mengonsumsi kacang hijau nantinya bisa menurunkan risiko bayi terlahir dengan kelainan pada sumsum tulang belakang dan otak. (mut)
 
 
 
(Sumber: doktersehat dan liputan6)

Join Dream.co.id