8 Makanan yang Bisa Perbanyak ASI, Konsumsi Rutin Mom!

Do It Yourself | Sabtu, 23 November 2019 10:19

Reporter : Yoga Tri Priyanto

ASI sangat dibutuhkan bayi, pastikan produksi tetap banyak.

Dream - Sehabis melahirkan, bayi sangat membutuhkan nutrisi. Sumber gizi terbaik bagi bayi adalah air susu ibu (ASI). Sayangnya, tak semua ibu bisa dengan mudah memberikan ASI secara langsung.

Ada yang ASI-nya tak keluar sama sekali. Ada juga yang hanya keluar sedikit. Tentu saja hal ini sangat mengganggu kelancaran menyusui.

Penting untuk mengetahui beberapa metode untuk merangsang produksi ASI. Salah satunya dengam mengonsumsi makanan tertentu. Berikut ini beberapa makanan yang bisa ibu konsumsi untuk tingkatkan produksi ASI.

8 Makanan yang Bisa Perbanyak ASI, Konsumsi Rutin Mom!
ASI Perah (Foto: Shuterstock)
2 dari 9 halaman

Bayam

Bayam baik untuk menambah zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada bayam dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Kandungan nutrisi lainnya pada bayam adalah vitamin A, C, E, K, protein, serta berbagai mineral seperti thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

Sama dengan sayuran berdaun hijau tua lainnya, bayam mengandung enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI.

3 dari 9 halaman

Wortel

Wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Minum satu gelas jus wortel sebelum makan siang dapat menambah produksi ASI pada sore hari.

4 dari 9 halaman

Pepaya

Pepaya, baik buahnya ataupun bunganya, mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting misalnya kalium, asam folat, dan enzim papain.

Enzim ini membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.

5 dari 9 halaman

Oatmeal

Selain berkhasiat untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah, outmeal juga salah satu makanan yang memperbanyak ASI.

Seorang wanita yang mengonsumsi oatmeal akan merasa rileks dan bisa memicu hormon oxytocin. Hormon ini adalah hormon yang berpengaruh pada produksi ASI.

6 dari 9 halaman

Asparagus

Asparagus diyakini sebagai makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui. Asparagus mengandung vitamin A dan K yang tinggi. Selain itu aspragus juga dapat merangsang hormon pada ibu menyusui yang penting untuk laktasi

7 dari 9 halaman

Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber utama potasium. Ubi memiliki energi untuk menghasilkan karbohidrat yang diperlukan untuk melawan kelelahan. Ubi jalar mengandung vitamin C, vitamin B-kompleks, dan mineral relaksan otot (magnesium).

8 dari 9 halaman

Kurma

Kurma kaya akan kalsium yang dipercaya mampu meningkatkan jumlah ASI dengan menaikkan prolaktin (hormon yang berfungsi membantu wanita menghasilkan ASI setelah melahirkan). Selain itu, makanan untuk memperbanyak ASI ini juga mengandung serat yang tinggi. Mencoba mengonsumsi kurma sebagai cemilan saat menyusui juga dapat menambah asupan energi bagi ibu.

9 dari 9 halaman

Ikan Salmon

Salmon merupakan sumber protein yang baik. Ikan ini juga mengandung lemak DHA yang penting untuk perkembangan sistem saraf anak. Dan jika Ibu tidak suka dengan produk susu, Ibu bisa menggantinya dengan ikan salmon guna mendapatkan asupan kalsium tambahan. (mut)

 

(Andrawira Diwiyoga/Dikutip dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id