7 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Muda

Do It Yourself | Senin, 4 November 2019 10:03

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Hampir semua jenis buah mengandung sejumlah nutrisi penting di dalamnya. Inilah 7 jenis buah yang bagus untuk ibu hamil.

Dream – Selama mengandung, tumbuh kembang janin sangat tergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi ibu. Untuk itu, ibu hamilsangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat gizi tinggi.

Salah satu jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu yaitu buah-buahan. Tetapi, tidak semua jenis buah baik bagi ibu yang tengah hamil muda. 

Sebuah riset mengatakan, janin yang tidak mendapatkan asupan nutrisi cukup berisiko mengalami perubahan psikologis dan metabolisme. Tentu saja, perubahan tersebut akan memberikan dampak buruk pada imunitasnya.

Maka dari itu, sejak awal kehamilan segera perbaiki pola makan. Perbanyak konsumsi buah-buah organik. Ada beberapa buah yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil. Yuk, cari tahu.

7 Jenis Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Muda
Shutterstock.com
2 dari 8 halaman

1. Apel

Menurut Journal of Thorax, janin akan memiliki risiko terkena asma atau alergi yang rendah ibu rajin mengonsumsi apel selama masa kehamilan. 

Mengapa demikian? Apel ternyata memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, serat, dan potassium yang sangat tinggi. Kandungan-kandungan itulah yang nantinya membatu si kecil untuk terhindar dari masalah kesehatan seperti asma dan alergi.

3 dari 8 halaman

2. Avokad

Jika dibandingkan dengan buah lainnya, avokad memiliki kadar asam folat yang lebih tinggi. Selama kehamilan Bunda diharuskan untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Kandungan asam folat yang ada di avokad mampu meredakan mual yang terjadi selama masa kehamilan.

Selain asam folat, ternyata avokad juga sarat akan vitamin B, vitamin C, vitamin K, kolin, serat, potassium hingga magnesium. Kandungan potassium secara efektif juga mampu mengurangi keram kaki yang kerap terjadi pada ibu hamil. Sedangkan, kolin memiliki peranan penting dalam perkembangan otak serta saraf si kecil.

4 dari 8 halaman

3. Jeruk

Seperti diketahui jeruk memilki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan sel. Kerusakan tersebut terutama disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin C ternyata juga bisa membantu ibu hamil dalam menyerap asupan zat besi dari makanan yang dikonsumsi.

Jeruk juga memiliki kadar air yang sangat tinggi. Hal ini mampu membuat tubuh ibu terhindar dari dehidrasi. Terdapat kandungan vitamin B yang cukup tinggi di dalam jeruk. Bagi yang belum tahu, vitamin B sangat efektif mencegah bayi terlahir dengan cacat bawaan.

5 dari 8 halaman

4. Mangga

Jenis buah yang bagus untuk ibu hamil muda selanjutnya yaitu mangga. Secangkir potongan mangga ternyata sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian tubuh.

Buah mangga diketahui memiliki kandungan vitamin C yang terbilang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, mangga juga sarat akan vitamin A. Bahkan, sebuah riset mengatakan, kekurangan vitamin A terlebih saat persalinan memicu  sistem kekebalan tubuh Bunda menjadi lemah. Buruknya lagi, hal tersebut akan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi seperti infeksi pernapasan atau pun diare.

6 dari 8 halaman

5. Pisang

Pisang dikenal sebagai sumber potassium yang bagus bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, pisang juga memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C hingga serat. Jika berbicara mengenai serat, tentu saja buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Serat bisa membantu ibu hamil dalam menurunkan risiko sembelit ataupun konstipasi.

Menurut sebuah penelitian, vitamin B6 yang terkandung di dalam pisang mampu meredakan rasa mual dan muntah pada saat mengandung. Maka dari itu, pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu selama masa kehamilan. 

7 dari 8 halaman

6. Berry

Selanjutnya, ibu hamil juga sangat dianjurkan mengonsumsi beragam jenis berry. Buah berry memiliki kandungan vitamin C, karbohidrat, serat ataupun asam folat yang cukup tinggi. Tak hanya itu saja, berry juga sarat akan flavonoid dan antosianin. Bagi ibu hamil yang tidak menderita diabetes gestasional, sebaiknya konsumsilah 50%-60% karbohidrat setiap harinya.

Mengapa demikian?

Karbohidrat memiliki peranan penting untuk memproduksi dan menjadi energi. Selain itu, karbohidrat merupakan salah satu jenis asupan yang sangat mudah untuk disalurkan pada janin. Meski demikian, akan lebih baik jika ibu mengonsumsi karbohirat kompleks seperti berry daripada jenis lainnya. Hindari juga mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana seperti roti. kue dan donat.

8 dari 8 halaman

7. Lemon

Mengandung di trimester awal, sebagian besar ibu hamil cenderung mengalami morning sickness. Mual, pusing bahkan hingga muntah merupakan gangguan yang kerap terjadi di pagi atau sore hari selama kehamilan. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi lemon.

Ibu bisa dengan mengisap lemon atau pun membuatnya menjadi minuman hangat. Lemon ternyata mampu meredakan rasa mual yang mendera sebagian besar ibu hamil.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon ini juga mampu mengatasi masalah konstipasi. Kendati demikian, jangan terlalu sering mengonsumsi lemon sebab sifat asam dari buah ini mampu mengikis email gigi. Cara jitu untuk mengonsumsi lemon yaitu berkumurlah sesaat setelah selesai mengonsumsinya. (mut)
 
 
 
(Sumber: Honestdocs)

Join Dream.co.id