6 Bulan Pasca Melahirkan Hormon Baru Kembali Normal

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  11 November 2020 14:05

Fluktuasi emosi akan dialami ibu karena peruahan hormon yang drastis.

Reporter : Mutia Nugraheni

Perubahan Hormon

Inilah sebabnya mengapa banyak wanita merasa luar biasa saat hamil. Kehamilan menawarkan lonjakan hormon dan neurotransmiter yang membantu kita merasa hebat. Nah, hormon berubah drastis setelah melahirkan.

Salah satunya menyebabkan emosi yang menggila setelah melahirkan. Berikut ini tahapannya dan hormon cenderu stabil setelah 6 bulan setelah melahirkan.

Hormon pada 3 hingga 6 minggu setelah melahirkan
Setelah beberapa minggu pertama berlalu, ibu mungkin mulai merasakan emosi seperti rollercoaster, ibu pun kurang tidur. Tiga minggu pertama adalah sedikit gangguan tidur dan emosi karena sistem hormon sebagian besar berjalan pada aktivasi adrenalin untuk menggerakkan ibu sepanjang hari.

Sekitar enam minggu, katanya, gejala depresi pascapersalinan mungkin mulai terlihat karena hormon pasca melahirkan yang positif terus memudar. Perubahan yang harus diperhatikan dengan seksama adalah tidak ingin mandi, takut meninggalkan bayi dengan orang lain, tidak bisa tidur nyenyak karena terus memeriksa bayi, dan kurangnya keinginan untuk hal lain seperti makan, minum, berada di sekitar orang, serta meninggalkan rumah.

 

Selanjutnya : Hormon 3 bulan setelah melahirkan
#DREAMTESTPACK : menghitung masa kesuburan seseorang
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
#DREAMTESTPACK : menghitung masa kesuburan seseorang
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :