5 Perubahan Unik Pada Payudara Saat Hamil

Do It Yourself | Kamis, 26 Desember 2019 10:03

Reporter : Mutia Nugraheni

Tanpa disadari, payudara akan memberikan reaksi-reaksi unik untuk mempersiapkan 'diri' menyambut jabang bayi.

Dream - Kehamilan membawa banyak perubahan pada tubuh ibu. Salah satu yang paling mencolok adalah perubahan payudara.

Bukan hanya ukuran yang meningkat, tapi ada banyak perbedaan siginifikan dibandingkan dari sebelum hamil.

Tanpa disadari, payudara akan memberikan reaksi-reaksi unik untuk mempersiapkan 'diri' menyambut jabang bayi. Hal ini terjadi secara alami, namun terkadang cukup mengejutkan. Berikut perubahan payudara yang mungkin ibu alami selama hamil.

 

5 Perubahan Unik Pada Payudara Saat Hamil
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Besarnya tak sama antara kanan dan kiri

Wajar jika memang payudaramu tidak sama besar, itu hal yang alami dan semua perempuan mungkin sudah mengetahui itu. Tapi ketika hamil, perbedan ini bisa terlihat jelas. Payudara yang dominan akan digunakan untuk menyusui biasanya akan lebih besar, begitu juga bagian putingnya.

 

3 dari 6 halaman

Ada bayi menangis, payudara akan mengeluarkan air susu

Jika sudah memasuki masa menyusui, payudara pasti akan lebih padat karena produksi ASI bahkan seringkali cairan keluar sendiri tanpa ibu sadari. Hal ini mulai terjadi sejak trimester akhir, namun uniknya, payudara ternyata punya reaksi tak terduga.

Payudara akan bereaksi ketika mendengar tangisan bayi, bahkan jika itu bayi orang lain. Menurut U.S. Department of Health and Human Services, payudara akan dengan sendirinya menghasilkan air susu, karena reaksi alami tubuh ibu.

 

4 dari 6 halaman

Puting dan areola membesar

Tidak hanya payudara yang membesar, bagian puting dan areola juga akan membesar dan berwarna lebih gelap. Hal ini dipengaruhi secara hormonal, jadi tidak perlu cemas. Dan seringkali putih yang membesar dan areola yang menggelap ini akan tetap seperti itu setelah melahirkan dan menyusui.

 

5 dari 6 halaman

Puting dan payudara gatal

Karena perkembangan ukuran, salah satu hal yang wajar dialami adalah gatal. Ini karena jaringan tubuh bertambah dan kulit akan semakin kering dan kencang. Jangan digaruk, gunakan salep atau krim pelembab untuk menjaga kulit payudara dan puting tetap sehat.

 

6 dari 6 halaman

Payudara mengendur

Secara ilmiah, setiap setelah kehamilan, kepadatan payudara akan berkurang dan cenderung akan turun karena berkurangnya produksi ASI. Namun bersyukurlah karena masa hamil dan menyusui bahkan payudara yang turun justru bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Laporan Febi Anindya Kirana/ Sumber: Fimela.com

Join Dream.co.id