5 Olahraga Ini Bisa Diajarkan Pada Anak Sejak Dini

Do It Yourself | Kamis, 18 Juni 2020 10:03

Reporter : Ulyaeni Maulida

Dengan berolahraga, anak dapat belajar disiplin dan menjadi generasi sehat yang aktif.

Dream – Olahraga sangat baik untuk membantu tumbuh kembang anak. Bukan hanya pertumbuhan fisik, olahraga juga membantuk kecerdasan emosi anak. Seperti bagaimana cara bekerjasama, cara mengambil keputusan, dan cara untuk berkomunikasi dengan sesamanya.

Sehingga penting bagi orangtua, agar dapat memberikan waktu khusus, untuk mengajarkan anak-anak tentang olahraga.

Olahraga juga akan memperlihatkan minat anak. Sebagai orangtua, sudah seharusnya membantu anak agar mereka dapat mengembangkan diri melalui minat dan bakatnya.

Berikut adalah olahraga yang dapat orangtua ajarkan pada anak sejak dini.

5 Olahraga Ini Bisa Diajarkan Pada Anak Sejak Dini
Ilustrasi (Foto: Pexels)
2 dari 6 halaman

Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang belakangan kembali jadi tren. Hal ini dapat menjadi momen bagi orangtua untuk mengajak anak bersepeda.

Mengajarkan anak bersepeda dapat dilakukan di lingkungan sekitar. Waktu untuk bersepeda juga dapat dilakukan saat pagi atau sore hari.

Bersepeda akan mengajarkan anak untuk melatih kekuatan fisiknya. Serta menjaga keseimbangan tubuhnya. Selain menyehatkan, bersepeda juga akan membuat anak merasa lebih senang karena dapat bermain diluar rumah.

Namun, ditengah pandemi ini, bersepeda juga harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Agar tetap aman dari penyebaran virus covid-19.  

3 dari 6 halaman

Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang menyenangkan untuk anak. Karena selain mereka bisa bermain air, berenang juga membantu mereka melatih otot tubuh.

Berenang juga baik untuk pertumbuhan anak. Renang juga dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi efek cidera dari olahraga lain.

Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan membiarkan anak berenang atau berada di dalam air terlalu lama. Hal itu dapat membuat anak kedinginan dan justru berdampak buruk bagi kesehatan, seperti flu atau pilek.

4 dari 6 halaman

Sepak Bola

Sepak bola sudah tak asing lagi untuk diajarkan pada anak sejak dini. Bahkan banyak anak-anak yang sudah mulai dimasukkan kedalam sekolah khusus sepakbola.

Minat yang besar pada dunia sepak bola memberikan dampak yang baik bagi anak. Selain membantunya menjaga kesehatan, bermain sepak bola juga akan melatih anak tentang kerja sama tim.

Pelajaran-pelajaran inilah yang banyak membantu anak dalam membentuk karaternya. Selain itu, jika ditekuni, anak-anak bahkan dapat menjadi pemain sepak bola yang profesional.

5 dari 6 halaman

Basket

Bermain basket dapat melatih kekuatan otot tangan dan kaki anak. Agar tetap aman, bermain basket dapat dilakukan dihalaman rumah.  

Bermain basket juga baik untuk membantu meningkatkan daya fokus anak. Saat bermain bakset, anak akan mencoba berbagai gaya agar bola dapat masuk ke dalam keranjang.

Hal ini juga akan membuat anak berpikir kritis dan cepat saat dihadapkan dengan suatu permasalahan.

6 dari 6 halaman

Lari

Lari dapat menjadi salah satu olahraga ringan untuk anak. Selain menyehatkan, lari juga dapat membantu anak lebih mengenal lingkungan sekitar.

Memilih spot lari yang dekat dengan alam, akan membuat anak lebih nyaman. Selain itu saat lari, selalu gunakan alat pelindung diri seperti masker. Dan mencoba untuk menjaga jarak aman dari orang lain.

Olahraga yang diajarkan pada anak sejak dini, bukan hanya memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun juga dapat membentuk karakter anak saat ia dewasa kelak. (mut)

Join Dream.co.id