5 Manfaat Semangka yang Ampuh Atasi Masalah Kehamilan

Do It Yourself | Kamis, 22 Agustus 2019 08:05

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Buah semangka mengandung banyak nutrisi yang baik dikonsumsi saat hamil. Berikut manfaat semangka untuk kehamilan.

Dream- Hamil merupakan momen di mana tubuh akan memerlukan nutrisi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Saat hamil, perempuan juga akan mengalami banyak perubahan, dari emosi hingga fisik.

Perubahan bentuk tubuh sudah pasti terjadi karena perkembangan janin dalam rahim. Selain itu, perubahan emosi akan lebih sering dialami ketika hamil, dikarenakan perubahan hormon. Faktor perubahan ini juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh perempuan hamil.

Beberapa bagian tubuh yang membengkak, rasa mual di pagi hari, sembelit dan tanda kehamilan lainnya, menjadi kondisi yang harus dihadapi perempuan saat hamil. Untuk mengatasi masalah tersebut, perempuan yang sedang hamil bisa mengonsumsi buah semangka.

Buah semangka mengandung banyak vitamin A, B dan C, selain itu ada juga magnesium dan potassium. Kandungan nutrisi ini dipercaya ampuh mengatasi berbagai masalah kehamilan berikut ini.

5 Manfaat Semangka yang Ampuh Atasi Masalah Kehamilan
Ilustrasi (Sumber: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Manfaat Semangka untuk Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness atau rasa mual dan muntah di pagi hari kerap dialami oleh perempuan yang sedang hamil. Rasa mual dan muntah ini biasanya dibarengi dengan perasaan tidak nyaman, dan sulit diatasi. Dalam kondisi seperti ini, perempuan yang sedang hamil membutuhkan sesuatu yang menyegarkan.

Salah satu makanan yang memiliki efek menyegarkan adalah semangka. Perempuan yang sedang hamil dapat mengonsumsi semangka untuk mengatasi masalah morning sickness yang tidak mengenakan. Buah semangka bisa dikonsumsi secara langsung atau juga bisa dibuat jus terlebih dahulu.

Manfaat semangka untuk mengatasi morning sickness ini sangat ampuh, karena semangka mengandung nutrisi yang baik untuk mengisi energi. Dengan energi yang baik di bagi hari, perempuan hamil siap menjalani harinya dengan lebih semangat dan terhidar dari morning sickness.

3 dari 6 halaman

Manfaat Semangka untuk Menjaga Tubuh dari Dehidrasi saat Hamil

Seperti yang kita tahu, 90% kandungan buah semangka ialah air. Kandungan ini mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membuatnya terhindar dari dehidrasi. Manfaat semangka yang satu ini sangat baik untuk perempuan hamil.

Perempuan yang sedang hamil, terutama yang hamil di musim kemarau, kebutuhan air menjadi sangat banyak. Apabila seorang perempuan yang tengah hamil mengalami dehidrasi, maka akan berpengruh pada kehamilannya, dan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan.

Untuk mengatasi kondisi ini, perempuan hamil disarankan untuk mengonsumsi semangka. Bisa dimakan secara langsung sebagai camilan di siang hari, dibuat jus, atau ditambahkan ke dalam salad buah.

4 dari 6 halaman

Manfaat Semangka untuk Mengurangi Pembengkakan saat Hamil

Pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan dapat menyebabkan perubahan bentuk fisik sang ibu. Tekanan yang diberikan oleh janin dapat membuat aliran darah ke bagian kaki mengalami sedikit kendala, dan menyebabkan kaki ibu membengkak.

Tidak hanya pembengkakan di bagian kaki saja, ibu hamil juga akan mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh lain seperti tangan. Kondisi ini menjadi masalah yang umum dialami oleh perempuan yang sedang hamil.

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah ini ialah semangka. Manfaat semangka untuk kehamilan dipercaya mampu mengurangi penyumbatan pada otot dan pembuluh darah, sehingga aliran darah dapat berjalan dengan lancar dan pembengkakan akan berkurang.

5 dari 6 halaman

Manfaat Semangka untuk Mencegah Sembelit saat Hamil

Perempuan yang sedang hamil harus dihadapkan dengan berbagai perubahan, salah satu perubahan yang dialami tubuh adalah sembelit. Pertumbuhan janin dalam rahim akan mempengaruhi pergerakan usus besar dan anus. 

Pergerakan menjadi lambat dan memicu sulit buang air besar atau sembelit. Dalam kondisi ini perempuan yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat sembelit karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu cara yang disarankan ialah mengonsumsi buah semangka.

Manfaat buah semangka untuk kehamilan lainnya ialah, mampu mencegah sembelit yang kerap dialami saat hamil. Kandungan serat dalam semangka efektif membantu memperlancar Buang Air Besar (BAB). Selain itu, kandungan air yang melimpah juga berperan dalam mengatasi masalah satu ini.

6 dari 6 halaman

Manfaat Semangka untuk Mencegah Infeksi Saluran Kencing saat Hamil

Selain masalah sembelit, perempuan yang sedang hamil juga akan mengalami masalah Buang Air Kecil (BAK). Pertumbuhan janin dalam rahim juga akan mempengaruhi kinerja kandung kemih dan saluran kencing.

Masalah ini biasanya akan membuat perempuan hamil kerap bolak-balik ke kamar mandi, namun tidak banyak mengeluarkan air kencing. Hal ini dapat memicu infeksi saluran kencing dan mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengonsumsi buah semangka. Manfaat semangka ini dapat diperoleh karena kandungan airnya yang melimpah, ditambah kandungan antibakteri yang ampuh membunuh bakteri penyebab infeksi saluran kencing. (mut)

Sumber: Bold Sky

Join Dream.co.id