5 Manfaat Perawatan Kanguru bagi Bayi dan Orangtua

Do It Yourself | Kamis, 3 Oktober 2019 10:03

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Pernahkah Bunda mendengar perawatan kanguru? Yuk simak manfaat dari perawatan ala kanguru berikut ini.

Dream – Dalam mengasuh dan merawat anak di dunia hewan, kanguru adalah masternya. Allah SWT telah menciptakan secara alamiah kantong di bagian tubuhnya.

Kantong ini juga difungsikan sebagai tempat berlindung yang sangat aman bagi anak kanguru. Anak kangguru akan lebih banyak menghabiskan waktunya di kantong tersebut. Menariknya, kantong kanguru memiliki puting susu. Jadi sambil menghangatkan tubuh di dalam, bayi kangguru juga minum susu

Meskipun manusia tidak memiliki kantong seperti kanguru, namun teknik perawatan ala kangguru ini bisa diaplikasikan. Perawatan kanguru merupakan perawatan bayi secara langsung dengan aadanya kontak kulit antara orangtua dengan bayi.

Sederhananya, orangtua akan memeluk atau meletakkan si kecil di atas tubuh dengan bertelanjang dada. Para dokter dan tenaga ahli saat ini telah menerapkan teknik perawatan kanguru terutama sesaat setelah si kecil dilahirkan.

Tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu, ayah juga bisa melakukannya. Perawatan kanguru memiliki sejumlah manfaat. Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini.

5 Manfaat Perawatan Kanguru bagi Bayi dan Orangtua
Shutterstock.com
2 dari 6 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bayi yang lahir secara prematur cenderung akan langsung ditempatkan di inkubator. Tujuannya yaitu agar si kecil terhindar dari paparan bakteri dan menjaga suhunya tetap stabil.

Mereka berada di dalam inkubator hingga organnya berkembang dengan baik. Nah, pada bayi baru lahir, perawatan kanguru sangat bermanfaat. Salah satunya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. 

Sebuah penelitian mengatakan, perawatan kanguru akan membuat si kecil bersentuhan langsung dengan bakteri pada tubuh ibu. Kondisi tersebut rupanya sangat menguntungkan.

Dengan adanya bakteri tersebut, sistem kekebalan tubuh si kecil menjadi lebih kuat. Ditambah dengan asupan ASI yang akan meningkatkan antibodi secara alami di dalam tubuh.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Berat Badan Bayi

Bayi prematur cenderung memiliki berat badan di bawah standar. Pada umumnya, si kecil tidak diperkenankan oleh dokter untuk keluar dari rumah sakit jika berat badannya belum sesuai standar.

Menaikkan berat badan si kecil tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh usaha yang keras Salah satunya dengan perawatan kanguru.

Bayi yang menerima perawatan ini cenderung akan mengalami peningkatan berat badan secara cepat. Pasalnya, kontak kulit antara ibu dan bayi akan memrangsangnya untuk menyusu lebih banyak. Nantinya, berat badan si kecil akan mengalami kenaikan secara signifikan.

4 dari 6 halaman

Meningkatkan Ikatan Orang tua dan Anak

Perawatan kanguru akan menimbulkan dampak positif bagi orangtua dan anak. Meningkatkan ikatan batin. Menerapkan teknik perawatan kanguru mampu meningkatkan perasaan ikatan yang jauh lebih besar daripada sebuah percakapan.

Ketika melakukannya, ibu akan merasa begitu nyaman dengan menghirup aroma khas dari si kecil. Meskipun sepele, namun kenyamanan tersebut mampu meningkatkan produksi ASI serta mengurangi risiko terkena depresi pasca melahirkan.

Ayah yang melakukan perawatan kanguru juga akan mendapatkan dampak positifnya. Selain membangun ikatan kuat, teknik perawatan ini juga akan membangun perasaan aman pada si kecil.

5 dari 6 halaman

Menormalkan Fungsi Tubuh

Bayi prematur memiliki fungsi tubuh yang belum benar-benar sempurna. Hal ini membuat mereka lebih rentan terhadap beberapa penyakit atau gangguan seperti hipotensi, paten ductus arteriosus, dysplasia bronkopulmonalis serta sindrom stres pernapasan.

Si kecil bisa terbebas dari ancaman penyakit tersebut jika fungsi tubuhnya sudah berjalan normal. Tentu saja, itu bukan suatu pekerjaan yang mudah.

Untuk mencegah hal tersebut bisa dilakukan teknik perawatan kanguru. Perawatan ini mampu meningkatkan fungsi tubuh serta mencegah berbagai macam risiko penyakit.

Bayi yang menerima perawatan kanguru akan memiliki laju detak jantung serta pernapasan yang lebih stabil. Bonusnya, si kecil akan lebih cepat pulih dari penyakit kardiovaskular serta pernapasan dibandingkan dengan bayi yang tidak menerima perawatan kanguru.

6 dari 6 halaman

Membantu ASI Eksklusif

Sudah dikatakan sekilas sebelumnya, perawatan kanguru mampu membantu Bunda dalam memproduksi ASI lebih banyak. Adanya sentuhan dari kulit ke kulit akan membantu dalam pelepasan hormone oksitosin. Bila tidak tahu, hormone oksitosin inilah yang memiliki peranan penting dalam produksi ASI.

Adanya kontak kulit juga akan membuat si kecil ingin menyusu kepada Bunda. Menariknya, bayi yang kerap melakukan perawatan kanguru akan memiliki kesempatan menyusui lebih banyak dibanding dengan bayi lainnya. (mut)
 
 
 
(Sumber: Boldsky)

Join Dream.co.id