5 Manfaat Buah Kering dan Kacang di Masa Kehamilan

Do It Yourself | Selasa, 17 September 2019 16:03
5 Manfaat Buah Kering dan Kacang di Masa Kehamilan

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Jadikan camilan saat hamil, karena kandungan gizinya sangat tinggi

Dream – Selama masa kehamilan, asupan makanan harus selalu dijaga dan diperhatikan. Terutama ketika memasuki masa ngidam dan mual. Ibu hamil cenderung menginginkan makanan yang asam untuk meredakan mual yang dirasakan.

Sesekali mengonsumsi makanan asam tidak masalah. Pastikan juga memiliki camilan dan makanan kaya nutrisi. Hal ini agar kebutuhan gizi ibu dan janin terpenuhi dengan baik.

Asupan gizi yang optimal akan sangat menunjang kondisi ibu dan bayi tetap sehat selama masa kehamilan hingga persalinan. Salah satu jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah kering dan kacang-kacangan.

Memiliki kandungan serat, antioksidan serta vitamin yang cukup tinggi membuat buah kering dan kacang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Tidak hanya itu, jenis makanan tersebut memiliki kandungan kalsium, besi, magnesium dan masih banyak zat gizi lainnya.

Buah kering sebenarnya memiliki nutrisi serupa dengan buah segar, namun yang membedakan adalah kadar airnya. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

2 dari 7 halaman

Mencegah Sembelit

Manfaat buah kering dan kacang yang pertama adalah membantu mencegah timbulnya sembelit. Ibu hamil kerap mengalami sulit buang air besar atau sembelit.

Pada masa kehamilan, banyak terjadi ketidakseimbangan hormon yang membuat sembelit muncul tanpa terbendung. Cara mencegah yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi buah kering dan kacang. Kedua jenis makanan tersebut dikenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi serta menjadi sumber antioksidan polifenol yang bagus untuk tubuh.

3 dari 7 halaman

Meningkatkan Asupan Zat Besi

Selama masa kehamilan, tubuh ibu secara otomatis akan memasok darah serta oksigen pada janin di dalam kandungan. Semakin meningkatkanya kebutuhan akan pasokan darah, maka semakin meningkat pula kebutuhan akan kandungan zat besi di dalam tubuh.

Jika tidak diimbangi oleh asupan zat besi memadai, tidak hanya akan  berbahaya bagi janin namun juga ibu. Salah satu cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan zat besi adalah dengan mengonsumsi buah kering dan kacang. Kedua jenis makanan tersebut diketahui memiliki kandungan zat besi serta mineral penting yang cukup tinggi. Ibu hamil bisa mengonsumsi seperti kacang mete, almond serta kurma sebagai camilan.

4 dari 7 halaman

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah kering dan kacang selanjutnya adalah membantu mengontrol tekanan darah. Memiliki tekanan darah yang tingi pada masa kehamilan bisa membahayakan ibu dan janin. Terlalu banyak tekanan pada jantung serta ginjal mampu meningkatkan risiko penyakit jantung, ginjal serta strok.

Tidak hanya itu saja, ibu hamil juga bisa mengalami preeklampsia dan sindrom kehamilan lainnya. Bahkan, janin bisa lahir prematur. Nah, salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengonsumsi buah kering serta kacang.

Kedua jenis makanan kering ini dikenal sebagai sumber potassium serta memiliki kandungan mineral penting di dalamnya yang berperan penting dalam menstabilkan tekanan darah.

5 dari 7 halaman

Membantu Pertumbuhan Janin

Salah satu manfaat buah kering dan kacang adalah mampu membantu pertumbuhan janin di dalam kandungan. Pertumbuhan tersebut khususnya pada tulang dan gigi.

Kedua jenis makanan kering ini memiliki kandungan vitamin A dan kalsium yang cukup besar. Vitamin yang larut di dalam lemak juga sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi janin. Buah kering dan kacang juga membantu menjaga penglihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu proses perkembangan janin di dalam kandungan.

6 dari 7 halaman

Perkuat Otot Rahim

Tidak hanya sampai disitu saja, buah kering dan kacang memiliki sejumlah manfaat lainnya pada masa kehamilan. Tahukah Bunda? Keduanya mampu membantu memperkuat otot-otot rahim sehingga nantinya proses persalinan menjadi lancar.

Mengonsumsinya sebelum menjalani proses persalinan juga bisa menurunkan risiko pendarahan setelah melahirkan. Buah kering serta kacang juga bisa mengurangi risiko terkena asma serta mengi pada masa kehamilan.

Memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, kacang secara efektif mampu mencegah kelahiran prematur pada bayi. Ibu hamil bisa menjadikan kacang mete, kacang almond serta kacang kenari sebagai camilan.

7 dari 7 halaman

Buah Kering dan Kacang yang Bagus Dikonsumsi

  1. Kacang mete
  2. Kacang almod
  3. Kacang kenari
  4. Kacang pistasi (Pistachios)
  5. Kacang hazel (Hazelnutss)
  6. Kacang-kacangan
  7. Kismis
  8. Kurma
  9. Buah apricot kering
  10. Buah apel kering
  11. Buah pisang kering
  12. Buah ara kering

 

 

(Sumber: Boldsky/mut)

Join Dream.co.id