4 Pertanyaan yang Tak Boleh Lupa Ditanyakan Saat Jalani Program Hamil

Do It Yourself | Senin, 3 Februari 2020 14:04

Reporter : Mutia Nugraheni

Saat berkonsultasi ke dokter, tentunya banyak sekali pertanyaan di kepala. Jangan sampai lupa dengan pertanyaan ini.

Dream - Menjalani program kehamilan, tentunya sebuah keputusan besar. Banyak proses yang harus dijalani oleh pasangan suami istri yang sangat menguras emosi dan fisik. Untuk itu kekompakan pasangan dan komitmen sangat dibutuhkan.

Penting bagi suami istri untuk datang bersama secara rutin, usahakan untuk meluangkan jadwal khusus agar pemeriksaan lebih menyeluruh. Saat berkonsultasi ke dokter, tentunya banyak sekali pertanyaan di kepala.

Untuk memudahkan, cobalah ajukan empat pertanyaan ini pada dokter saat memulai program kehamilan. Tak ada salahnya untuk membuat daftar pertanya agar tak lupa.

 

4 Pertanyaan yang Tak Boleh Lupa Ditanyakan Saat Jalani Program Hamil
Konsultasi Dengan Dokter (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Apakah ada masalah kondisi kesuburan?

Bagi yang baru pertama kali melakukan pemeriksaan, tentu akan penasaran dengan kondisi tubuh. Jika dokter menganjurkan untuk melakukan tes, sebaiknya dijalani. Jika hasil tes sudah keluar, jangan lupa tanyakan apakah ada masalah kesehatan seperti gangguan PCOS, tiroid, eendometriosis, atau penyakit lain yang bisa menghambat kehamilan.

 

3 dari 5 halaman

Apakah harus mengubah pola makan/ kebiasaan?

Kelebihan dan kekurangan badan cukup berpengaruh pada kesuburan. Tanyakan pada dokter apakah berat badan sudah cukup ideal ataukah harus mengubah pola makan menurunkan/ menaikkan berat badan. Ceritakan juga kebiasaan sehari-hari, karena bisa jadi aktivitas harian berpengaruh buruk pada kesuburan.

 

4 dari 5 halaman

Haruskan minum suplemen/ vitamin?

Idealnya, ibu harus menyiapkan tubuhnya untuk hamil, 6 bulan sebelum pembuahan terjadi. Memang sebaiknya setelah menikah, pasangan suami istri harus menerapkan pola hidup sehat untuk meningkatkan kemungkinan hamil jika ingin segera punya anak.
Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi suplemen folat dan kalsium. Tanyakan pada dokter suplemen yang paling tepat dan dosisnya.

 

5 dari 5 halaman

Kenapa sulit hamil?

Jika pemeriksaan sudah dilakukan dan hasilnya sudah ada, tanyakan mengapa kehamilan tak kunjung terjadi. Untuk hal ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan sub spesialis kesuburan.

Analisis mendalam sangat penting untuk mencari tahu penyebab kehamilan tak kunjung terjadi. Hal ini agar bisa menentukan prosedur selanjutnya, agar program kehamilan berjalan efektif.

Sumber: Parents

Join Dream.co.id