4 Cara Merawat Bayi Prematur

Do It Yourself | Jumat, 6 Desember 2019 10:02

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Bayi yang lahir prematur memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan.

Dream - Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum waktu perkiraan kelahirannya. Biasanya bayi prematur lahir sebelum minggu ke-37. Padahal minggu terakhir kehamilan adalah momen penting pada tahap akhir pembentukan organ vital bayi dan peningkatan berat badan.

Bayi yang lahir prematur memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan karena organ tubuh bayi yang belum sepenuhnya siap. Sehingga bayi prematur membutuhkan perlakuan khusus.

Kondisi tubuh bayi prematur tentunya berbeda dengan kondisi tubuh bayi yang lahir dengan normal. Biasanya berat badan bayi prematur lebih rendah dibandingkan bayi normal.

Bayi prematur juga rentan terkena hipotermia. Untuk itu bagi ibu hamil perlu mengetahui langkah yang tepat untuk merawat bayi prematur. 

4 Cara Merawat Bayi Prematur
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Menjaga Suhu Tubuh Bayi

Cara merawat bayi prematur adalah dengan menjaga suhu tubuh bayi. Tubuh bayi prematur rentan terkena hipotermia. Hipotermia adalah kondisi dimana suhu tubuh menurun di bawah suhu normal.

Setelah memandikan bayi, pastikan untuk mengeringkan tubuhnya hingga benar-benar kering. Selanjutnya segera balut bayi dengan selimut agar suhu tubuh bayi tetap hangat.

3 dari 5 halaman

Metode Kanguru

Cara merawat bayi prematur dapat dilakukan dengan metode kanguru. Metode kanguru adalah cara menghangatkan bayi menggunakan suhu tubuh ibu.

Dalam metode ini dibutuhkan kontak kulit secara langsung antara ibu dan bayi. Ibu bisa membaringkan bayi pada dada dan membalutnya dengan selimut.

Lakukan metode kanguru selama satu sampai tiga jam. Metode kanguru dapat meningkatkan suhu tubuh bayi, membuat bayi tidur lebih nyenyak, dan membuat daya tahan tubuh bayi menjadi lebih baik.

4 dari 5 halaman

Memberikan ASI Lebih Sering

Cara merawat bayi prematur adalah dengan memberikan ASI lebih sering pada bayi. Bayi prematur biasanya lahir dengan berat badan yang kurang jika dibandingkan dengan bayi normal.

Dengan memberikan ASI lebih sering maka kebutuhan nutrisi bayi akan terpenuhi. Jika nutrisi bayi terpenuhi maka berat badan bayi akan lebih cepat meningkat. Ibu bayi juga harus memberikan ASI dengan cara yang benar agar proses menyusui dapat optimal.

5 dari 5 halaman

Penggunaan Alat Bantu Menyusui

Cara merawat bayi prematur yang belum bisa menyusu dapat kamu lakukan dengan menggunakan alat bantu menyusui. Bisa menggunakan sendok atau gelas sebagai alat bantu untuk memberikan ASI.

Pemberian ASI sangat penting untuk bayi prematur karena dapat membantu meningkatkan berat badan bayi. Selain itu pemberian ASI juga dapat membantu meningkatkan sistem imun bayi dan membuat bayi cepat naik berat badan. (mut)

 

(Audila Rima Ndani/Sumber: Berbagai sumber)

Join Dream.co.id