4 Cara Membuat Nyaman Si Kecil Setelah Vaksinasi

Do It Yourself | Jumat, 15 Mei 2020 08:02
4 Cara Membuat Nyaman Si Kecil Setelah Vaksinasi

Reporter : Mutia Nugraheni

Lakukan hal ini agar bayi tak terlalu rewel setelah vaksin.

Dream - Vaksinasi merupakan hal yang sangat penting bagi anak di bawah lima tahun (balita). Bahkan dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, orangtua tetap dianjurkan melakukan vaksin sesuai jadwal pada anak-anaknya.

Prosedur vaksin, sebagian besar masih menggunakan jarum suntik yang tentunya menimbulkan sedikit kesakitan pada anak. Pada beberapa anak, reaksi vaksin juga berbeda-beada. Ada yang sampai demam, rewel hingga merasa gelisah.

Untuk meredakan rasa sakit dan membuat buah hati nyaman saat vaksinasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua. Apa saja?

 

2 dari 5 halaman

1. Ruangan nyaman

Bayi itu mungkin sangat tidak nyaman dan kelelahan karena menangis setelah vaksin. Tempatkan bayi di kamar yang nyaman, dengan suhu terkontrol dan tenang. Pakaikan pakaian yang longgar, nyaman. Sebisa mungkin buat area main dan istirahat paling nyaman untuk bayi.

 

3 dari 5 halaman

2. Gendong bayi

Dekatkan bayi dengan dada ibu selama dan setelah vaksinasi. Bayi mungkin merasa nyaman dan lebih tenang jika mendengar detak jantung ibu atau kontak kulit orangtuanya. Sangat direkomendasikan untuk menggendong dan menghibur bayi selama vaksinasi demi mencegahnya menggerakkan anggota tubuh.

 

4 dari 5 halaman

3. Sentuh dan tenangkan bayi

Sebuah studi tentang menemukan ada intervensi fisik yang efektif untuk mengurangi rasa sakit setelah vaksinasi. Antara lain bedong, posisi samping / perut, ditenangkan, diayun, dan mengisap.

 

5 dari 5 halaman

4. Menyusui

Menyusui diyakini memiliki efek analgesik pada bayi karena beberapa alasan seperti kontak kulit ke kulit, efek menenangkan dari mengisap, dipegang oleh ibu, dan rasa manis ASI. Ibu dapat mulai menyusui bayi sebelum injeksi diberikan dan terus melakukannya selama prosedur vaksinasi.

Namun, jika ibu dan bayi tidak nyaman dengan pengaturan ini, maka pemberian susu yang dipompa melalui botol atau pemberian susu formula mungkin juga bisa dilakukan.

Sumber: MomJunction

Join Dream.co.id