4 Camilan Sehat bagi Ibu Hamil yang Mudah Didapatkan

Do It Yourself | Senin, 17 Juni 2019 18:06
4 Camilan Sehat bagi Ibu Hamil yang Mudah Didapatkan

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Mudah merasa lapar? Takut berat badan naik? Tidak perlu khawatir Sahabat Dream. Yuk simak informasi camilan sehat bagi ibu hamil berikut ini.

Dream – Selama masa kehamilan, seringkali bagi para ibu merasa terus lapar. Perut keroncongan padahl satu jam yang lalu sudah makan. Hal ini sangat wajar dialami bagi para ibu hamil yang sedang mengandung buah hatinya.

Adanya peningkatan jumlah gizi yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi faktor utama kenapa ibu hamil gampang merasa lapar.

Kandungan gizi dan nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan dibagi untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Sering kali ibu hamil tetap memakan apapun itu jenis makanannya asalkan perut merasa kenyang.

Tapi apakah Sahabat Dream memikirkan makananan tersebut baik bagi tubuh atau tidak? Saat masa kehamilan merupakan sebuah keharusan ibu hamil untuk dapat menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik salah satu faktornya adalah nutrisi yang diserapnya lah memiliki kandungan yang baik bagi si kecil.

Selain itu, ibu hamil perlu menjaga makanan yang dikonsumsinya agar tetap memiliki berat badan yang ideal.

Menjaga berat badan selama kehamilan baik dilakukan demi kelancaran proses perkembangan si kecil di kandungan, dan juga dapat membantu kelancaran proses persalinan. Sahabat Dream jangan khawatir, Dream.co.id telah merangkum beberapa camilan yang sehat bagi kehamilan. Penasaran? Yuk simak informasi berikut ini.

2 dari 4 halaman

Yogurt dan Oatmeal

1. Yogurt

Camilan sehat bagi ibu hamil yang pertama adalah yogurt. Yogurt memiliki begitu banyak hal baik yang baik bagi kehamilan seperti kalsium, probiotik, dan di beberapa merek terdapat pula asam folat.

Bagi para ibu hamil sebaiknya memilih jenis yogurt yang memang khusus untuk ibu hamil atau bisa juga memilih yogurt yang bebas gula.

Sahabat Dream juga bisa menkreasikan yogurt dengan menambahkan beberapa potong buah-buahan. Buah-buahan yang dipilih pun dapat disesuaikan dengan pilihan yang disukai.

 

 Yogurt and Oatmeal
© shutterstock

2.    Oatmeal

Salah satu makanan yang paling efektif menjadi solusi rasa lapar ibu hamil adalah Oatmel atau Sereal. Oatmeal dapat dikonsumsi kapan saja ibu hamil merasa lapar, baik itu dimakan sebagai sarapan ataupun dimakan sewaktu lapar melanda. Oatmeal juga merupakan salah satu camilan sehat bagi ibu hamil yang bisa dikonsumsi.

Sahabat Dream bisa menambahkan susu segar yang rendah lemak apabila sedang memakan oatmeal. Selain dengan susu, oatmeal juga sangat cocok dipadukan dengan yogurt ataupun makanan lainnya keinginan si ibu hamil. Eits, tapi tetap harus menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ya.

3 dari 4 halaman

Crackers dan Popcorn

3.    Crackers

Camilan sehat bagi ibu hamil selanjutnya adalah crackers. Makanan renyah ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi rasa lapar bagi calon ibu. Cracker original yang polos dan memiliki cita rasa asin baik di konsumsi bagi ibu hamil.

Makanan ini bisa dikonsumsi dimanapun dan kapanpun calon ibu merasa lapar, baik itu setelah bangun tidur maupun sedang beraktivitas.

Crackers juga memiliki berbagai macam kemasan mulai dari yang kecil hingga besar. Sahabat Dream bisa selalu membawa crackers kemasan kecil di dalam tas. Akan tetapi, Sahabat Dream jangan mengkonsumsi crackers terlalu sering. Hal ini bisa menyebabkan perubahan pola makan bagi si calon ibu.

 Crackers and Popcorn
© shutterstock

4.    Popcorn

Jangan terlalu kaget apabila makanan ini masuk ke dalam camilan sehat bagi ibu hamil. Popcorn sejatinya merupakan makanan yang sehat bagi siapapun. Melansir dari situs dr. Ivan Sini, jagung yang berisi angin ini memiliki kadar kalori yang rendah dibandingkan dengan jumlah kalori dalam satu mangkok makanan.

Tetapi Sahabat Dream jangan langsung berbahagia dan membeli popcorn dengan rasa apapun. Bagi ibu hamil, sebaiknya memakan popcorn yang memiliki rasa asin dan tidak mengandung terlalu banyak mentega yang tidak baik bagi lemak tubuh. Hindari popcorn yang mengandung gula dan caramel di dalamnya.

4 dari 4 halaman

Tips dalam Camilan Sehat bagi Ibu Hamil

  • Jangan pernah membiarkan perut dalam keadaan kosong
  • Biasakanlah melakukan pola makan sehat
  • Kurangi porsi makanan, namun bisa mengkonsumsinya lebih sering
  • Selingi dengan makan beberapa camilan sehat bagi ibu hamil yang telah dijelaskan di atas

 

(Sumber: ivansini.com)

Join Dream.co.id