4 Bahan MPASI yang Sangat Baik untuk Perkembangan Otak Bayi

Do It Yourself | Senin, 6 Juli 2020 08:02

Reporter : Mutia Nugraheni

pastikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang diberikan bisa memenuhi asupan nutrisi demi tumbuh kembangnya terutama bagi otak.

Dream - Menyiapkan makanan bagi bayi yang berusia 6 bulan harus mempertimbangkan 2 hal, tekstur yang lembut dan kandungan gizi. Bayi usia 6 bulan ke atas mulai membutuhkan asupan lain selain air susu ibu.

Untuk itu, pastikan makanan pendamping ASI (MPASI) yang diberikan bisa memenuhi asupan nutrisi demi tumbuh kembangnya terutama otak. Apa saja bahan MPASI yang sangat direkomendasikan untuk perkembangan otak si kecil? Yuk simak.

1. Greek yogurt
Yogurt greek adalah asupan kaya gizi karena mengandung kalsium, protein, dan lemak sehat. Kaya akan lemak sehat, jadikan yogurt sebagai bahan untuk membuat MPASI. Gizi dalam yogurt akan membantu mengembangkan sel-sel otak bayi serta memenuhi kebutuhan probiotik yang membantu membangun microbiome yang kuat bagi kesehatan usus. Studi terbaru menunjukkan ada hubungan yang kuat antara kesehatan usus dan perkembangan otak anak.

 

 

4 Bahan MPASI yang Sangat Baik untuk Perkembangan Otak Bayi
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

2. Avokad

Avokad yang dihaluskan baik diblender maupun ditumbuk merupakan bahan MPASI yang penting diberikan secara rutin. Buah ini sangat padat nutrisi dengan lemak, vitamin dan mineral sehat. Tidak hanya bergizi, karena lemak sehat berkontribusi pada perkembangan sel otak, dan teksturnya yang lembut mudah dikonsumsi bayi.

 

3 dari 4 halaman

3. Keju

Keju lunak sering diperkenalkan lebih awal, tergantung pada kesiapan bayi, karena rasa dan teksturnya lebih ringan. Jika ingin memberi keju, bisa memberikan jenis keju cottage yang dicampur dengan sayur atau buah.

 

4 dari 4 halaman

4. Apel

Buah bergizi ini mengandung quercetin, yang membantu merangsang aktivitas otak. Apel mudah diolah menjadi MPASI. Bisa dibuat bubur apel atau bagi bayi yang sudah punya gigi bisa dipotong seukuran tangannya dan biarkan si kecil makan sendiri. Cara ini juga merangsang pertumbuhan giginya dengan baik.

Sumber: Motherly

Join Dream.co.id