2 Tenaga Medis yang Hamil Positif Covid-19, Apa Efeknya Bagi Janin?

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  2 April 2020 14:03

Ibu perlu dirawat secara khusus, begitu pun proses persalinan dan perawatan bayinya.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Pada 1 April 2020, Dwi Oktavia, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengumumkan sebuah informasi soal Covid-19 yang sangat menyedihkan. Ada dua tenaga medis yang tengah hamil, terinfeksi Covid-19.

" Tenaga kesehatan yang positif terinfeksi Covid-19 sampai 84 orang, 1 orang di antaranya meninggal dan dua orang dalam kondisi hamil," kata Dwi di Balai Kota Jakarta, Rabu 1 April, 2020.

Hal ini tentunya memicu kekhawatiran pada ibu hamil. Terutama soal, apakah virus tersebut juga akan menulari janin dalam kandungan. Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam JAMA Pediatrics, berusaha mengungkap efek Covid-19 pada ibu hamil.

Penelitian dilakukan pada ibu hamil di China. Dari 33 bayi baru lahir dari orangtua yang terinfeksi, hanya 3 yang terjangkit virus Covid1-19. Menurut dokter yang berasal dari dua rumah sakit anak-anak di Wuhan, Cina, dan satu di Shanghai, setelah bayi menerima perawatan, mereka dapat diselamatkan.

“ Gejala klinis dari 33 bayi yang beresiko COVID-19, adalah ringan dan hasilnya baik,” catatan dalam penelitian tersebut.

Satu bayi dilahirkan melalui operasi caesar hampir sembilan minggu sebelum tanggal kelahirannya, karena ibu menderita pneumonia yang berasal dari infeksi virus.

Peneliti mengaitkan masalah kesehatan bayi, sindrom gangguan pernapasan neonatal, pneumonia, dan kebutuhan untuk diresusitasi, untuk dilahirkan secara prematur, sebagai lawan dari penularan virus corona.

 

Selanjutnya : Bayi Lahir Demam dan Lesu
PSBB Jakarta Ditambah Sampai 4 Juni, Anies Baswedan- Bisa Jadi yang Terakhir
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terlahir Tuli, Anak Ray Sahetapy Lulus Cum Laude di New York
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :