14 Cara Atasi Batuk Anak dengan Bahan Alami dan Aman

Do It Yourself | Jumat, 13 September 2019 16:03
14 Cara Atasi Batuk Anak dengan Bahan Alami dan Aman

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Untuk mengatasi batuk pada anak, ada banyak cara alami dan aman yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Dream- Anak-anak di bawah usia 8 tahun memang lebih mudah terserang batuk, demam, dan pilek. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya yang masih dalam masa perkembangan.

Batuk dan pilek pada anak, umumnya terjadi selama beberapa hari saja, dan akan sembuh dengan perawatan yang benar. Biasanya, orangtua akan memberi anak obat-obatan yang bisa dibeli di pasaran sebagai cara mengatasi batuk pada anak.

Selain dengan mengonsumsi obat, ada cara mengatasi batuk yang lebih alami dan aman untuk kesehatan anak. Bahan-bahan untuk mengatasi batuk ini juga sangat mudah ditemui dan mudah untuk dibuat.

Berikut 14 cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan-bahan alami, dan bisa dibuat di rumah.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Campuran Teh

1. Teh Kunyit dan Blackpepper
Minuman teh, menjadi salah satu jenis minuman yang paling sering ditemui hampir di seluruh dunia. Selain mampu memberikan efek relaksasi, teh juga dapat mengatasi batuk pada anak. Bisa membuat teh dengan mencampurnya bersama bahan alami lainnya, seperti teh kunyit dan blackpepper. Dua bahan alami ini sangat baik untuk mengatasi lendir yang ada di dalam tenggorokan anak.

 Teh
© Pixabay


2. Teh Jahe Dicampur Madu dan Lemon
Selain mencampur teh dengan kunyit dan blackpepper, bisa juga membuat teh yang dicampur dengan madu dan lemon. Bahan alami ini baik untuk mencegah iritasi di tenggorokan yang disebabkan oleh batuk yang berkepanjangan.


3. Teh Tulsi
Teh tulsi merupakan salah satu jenis teh alami yang mengandung banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi batuk pada anak. Tambahkan bahan-bahan alami lain saat membuat teh tulsi, seperti jahe, lemon, madu dan lain sebagainya.

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Minuman dan Makanan Hangat

4. Jus Bawang Bombay
Bawang bombay tidak hanya mengandung bahan antihistaimin, tapi juga mengandung antibiotik yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah pertumbuhan bakteri dan virus berbahaya.

Kandungan sulfur yang ada di dalamnya juga sangat ampuh untuk mengeluarkan lendir pada anak yang menderita batuk berdahak. Bawang Bombay untuk mengatasi batuk, baik dikonsumsi dalam bentuk jus hangat dan dicampur dengan madu.

 Cara Mengatasi Batuk pada Anak
© Pixabay


5. Susu Kunyit
Minuman hangat selanjutnya yang ampuh menjadi cara mengatasi batuk pada anak ialah campuran susu dengan bubuk kunyit. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kunyit mengandung antiseptik yang baik untuk mengurangi risiko infeksi saat batuk. Cukup dengan mencampurkan satu sendok bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat, lalu diaduk dan diberikan pada anak.

6. Sup Ayam
Selain minuman hangat, makanan berkuah yang hangat juga sangat baik untuk mengatasi batuk pada anak. Salah satunya yaitu dengan sup ayam, yang mengandung banyak mineral, vitamin, protein dan kalori baik. Tidak hanya baik untuk mengatasi batuk saja, sup ayam juga mampu memberi energi pada anak yang sedang sakit.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Bahan Alami

7. Bawang Putih

Tidak hanya bawang bombay yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk, bawang putih juga memiliki manfaat yang hampir sama. Konsumsi bawang putih untuk mengatasi batuk bisa dicampur dengan minuman atau sup untuk anak.

 Cara Mengatasi Batuk pada Anak
© Pixabay


8. Daun Sirih
Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan adalah daun sirih. Daun ini mengandung antioksidan dan kandungan detoksifikasi yang baik untuk mengatasi batuk pada anak. Selain itu, daun sirih juga mampu memberikan efek hangat pada tumbuh anak. Rebus beberapa lembar daun sirih, kemudian tempelkan daun sirih ke dada dan sekitar leher anak.


9. Uap Minyak Alami
Kandungan menthol yang ada di dalam peppermint, juga sangat baik untuk mengatasi batuk berdahak dan meredakan lendir di tenggorokan yang mengganggu. Cukup dengan mencampurkan minyak peppermint ke dalam air yang direbus, lalu gunakan uap yang dihasilkan untuk menguapi bagian kepala hingga leher anak.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Kacang dan Biji-bijian

Selain dengan menggunakan minuman hangat dan beberapa cara di atas, orang tua bisa mengganti camilan anak dengan camilan yang sehat seperti makanan berikut ini:


10. Kacang Almond
Kacang almond mengandung antioksidan dan phytochemical yang mampu meredakan batuk pada anak. Tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai camilan saja, kita juga bisa mencampur kacang almond ke susu, atau menjadikannya selai untuk roti.

 Cara Mengatasi Batuk pada Anak
© Pixabay


Cara terbaik memanfaatkan kacang almond untuk mengatasi batuk ialah dengan menghaluskan kacang almond menjadi pasta dan mencampurkannya ke dalam minuman atau makanan yang dikonsumsi anak.


11. Biji Karom
Jenis biji yang satu ini juga biasa disebut dengan Biji Ajwain yang terkenal di daerah Timur Tengah dan Asia Selatan. Biji ini mengandung anti mikrobakteri yang baik untuk mengatasi batuk pada anak. Untuk mengatasi batuk dengan biji karom ini, hampir sama dengan kacang almond. Kita bisa langsung mengonsumsinya atau dicampur dengan bahan alami lain.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Buah dan Madu

12. Anggur

 Cara Mengatasi Batuk pada Anak
© Pixabay

Saat batuk, anak sangat membutuhkan cairan untuk membuat tenggorokannya tetap lembab dan tidak terjadi radang. Selain dengan menjaga konsumsi air yang cukup, kita juga bisa memberikan buah anggur kepada anak yang sedang batuk. Buah anggur mengandung antioksidan yang mampu membuat pernapasan menjadi lancar dan mengurangi pengeringan lendir di tenggorokan.


13. Buah Malaka
Buah malaka atau biasa dikenal dengan buah alma, ternyata juga baik dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang sakit, terutama batuk dan demam. Buah ini mengandung antibacterial dan astringent yang mampu meningkatkan kekebalan tubuu, melindunginya dari infeksi dan meredakan batuk berdahak.


14. Madu
Selain dengan buah-buahan, pemakaian madu untuk campuran minuman dan makanan anak saat batuk, jadi salah satu cara mangatasi batuk pada anak yang alami dan ampuh. Hal ini dikarenakan madu mengandung antivirus dan anti jamur yang dapat mengurangi risiko infeksi pada tenggorokan saat batuk. (mut)


Sumber: Bold Sky

Join Dream.co.id