10 Tips Siapkan Makanan Sehat untuk Anak, Bikin Si Kecil Lahap

Do It Yourself | Senin, 9 September 2019 10:04

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Menyiapkan makanan sehat untuk anak memang bukan hal yang mudah, berikut tips menyiapkan makanan sehat untuk anak yang mudah dan sederhana.

Dream - Menyiapkan makanan untuk anak tidak boleh sembarangan, terlebih untuk anak yang sedang berada di masa pertumbuhan dan perkembangan. Banyak nutrisi yang mereka butuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Terkadang dalam menyiapkan makanan sehat, orang tua mengalami banyak kendala. Seperti anak yang enggan memakan sayur, atau anak yang pemilih, dan banyak lagi kendala lainnya. Tantangan tersebut harus bisa diatasi orang tua, agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi dengan baik.

Dengan nutrisi yang terpenuhi, tentu kesehatan anak akan terjaga. Daya tahan tubuh anak akan meningkat, dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Ada banyak cara yang bisa orangtua lakukan supaya anak mau makan makanan sehat tanpa harus memaksa. Seperti menyiapkan sayuran kesukaannya, menyajikan makanannya dalam kemasan yang unik, dan masih banyak lagi lainnya. Seperti tips menyiapkan makanan sehat untuk anak berikut ini.

10 Tips Siapkan Makanan Sehat untuk Anak, Bikin Si Kecil Lahap
Sumber: Shutterstock
2 dari 6 halaman

Menyiapkan Makanan Sehat dengan Memperhatikan Selera Anak

Tips menyiapkan makanan sehat untuk anak yang pertama ialah memperhatikan selera anak. Orangtua pasti tahu apa yang disukai anak dan apa yang tidak, sehingga akan lebih memudahkannya dalam menyiapkan makanan sehat untuk anak setiap harinya.

1. Libatkan anak
Mengajak anak ke dapur dan libatkan dalam membuat makanannya sendiri, bisa jadi cara ampuh mengenalkan anak pada sayuran. Pengetahuan anak yang bertambah tentang sayuran, akan membuatnya mengerti kalau tubuhnya membutuhkan nutrisi dari sayur.

Dengan begitu, anak akan lebih mudah menghabiskan makanannya tanpa perlu dipaksa. Selain itu, melibatkan anak dalam menyiapkan makanan sehatnya sendiri juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

2. Biarkan memilih
Tips menyiapkan makanan sehat selanjutnya ialah membiarkan anak memilih sayuran apa yang akan ia tambahkan dalam makanannya. Ketika melibatkan anak di dapur, kenalkan sayuran yang ada di dapur dan beri tahu anak bagaimana rasanya, dan manfaat apa yang akan diperoleh anak. Setelah itu, biarkan anak memilih sendiri sayur yang hendak dimakan.

3 dari 6 halaman

Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak dengan Penyajian Tepat

Selain melibatkan anak ke dapur untuk menyiapkan makanan sehatnya sendiri, orangtua juga harus memperhatikan penyajian makanan anak. Dengan penyajian yang tepat, akan membuat anak lebih mudah menghabiskan makanannya tanpa mengeluh. Seperti tips menyiapkan makanan berikut ini:

3. Ukuran Makanan yang Kecil
Saat anak sudah memilih hendak mengonsumsi sayuran apa, buat sayuran tersebut dalam ukuran kecil dan tidak terlalu besar. Selain memudahkan anak dalam mengunyah, makanan yang berukuran kecil umumnya lebih menarik bagi anak-anak.

Tips ini sangat cocok diterapkan untuk menyiapkan makanan sehat bagi anak yang pemilih. Dengan memotong kecil-kecil sayuran atau lauk, membuat anak tidak punya pilihan lain selain memakannya. Karena menyingkirkannya hanya akan membuat ia lelah.

 Makanan Sehat
© Pixabay


4. Menyajikan Sayur dan Buah dalam Setiap Makanan Anak
Selain memotong sayuran menjadi ukuran yang kecil, orangtua juga bisa menambahkan jenis sayuran lain. Tidak hanya untuk membuat menu makanan anak lebih bervariasi saja, tapi juga mengajarkan anak untuk mencoba hal baru. Jangan lupa untuk memotong sayuran tambahan ini menjadi ukuran yang lebih kecil juga.

4 dari 6 halaman

Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak dengan Pilihan Menu

Untuk anak yang mudah bosan, kedua tips menyiapkan makanan sehat berikut ini bisa dicoba. Dengan membuat variasi menu yang beragam dan menghiasnya dengan unik, akan membuat anak penasaran dan mencobanya.

5. Menyiapkan Menu yang Bervariasi
Pilihan anak dalam memilih sayur yang ingin ia makan, jangan selalu dijadikan patokan dalam menyiapkan makanan sehat untuknya. Karena hal ini akan membuat anak lebih mudah bosan dengan sayur yang ia sukai.

Orang tua bisa membuat jadwal menu harian dengan menu yang beragam, sehingga anak tidak mudah bosan, dan mau menghabiskan makanannya tanpa mengeluh.


6. Menyajikan Makanan dengan Plating yang Lucu

 Makanan Sehat untuk Anak
© Pixabay

Selain membuat jadwal menu dengan bahan yang bervariasi, penataan makanan atau plating menjadi sangat penting bagi anak. Anak menyukai hal-hal unik yang mudah membuat mereka terkagum. Misalnya kita menghias piringnya dengan sayuran yang dibentuk seperti karakter yang anak senangi.

5 dari 6 halaman

Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak dengan Membuat Anak Senang

Setelah selesai menyiapkan makanan sehat anak, jangan lupa untuk memperhatikan mood anak. Jangan pernah memaksanya untuk makan ketika anak sedang dalam kondisi perasaan yang tidak baik, misalnya ketika anak sedang asyik bermain, atau ketika anak baru saja bangun tidur.

7. Menciptakan Suasana Menyenangkan saat Makan
Tips menyiapkan makanan yang sehat untuk anak yang paling penting ialah memberikannya di saat yang tepat. Sehingga, anak akan menerima makanan tersebut dengan senang hati dan melahapnya sampai habis. Misalnya kita bisa membiarkan anak sampai benar-benar lapar, atau ketika anak sudah meminta.

 Makanan Sehat
© Pixabay

Orangtua juga bisa berusaha untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Membuat perasaan anak menjadi lebih bahagia, dengan makan sambil menonton televisi atau sambil menceritakan cerita yang menarik.


8. Porsi yang Cukup
Selain itu, penyajian porsi makanan anak juga sangat penting. Jangan terlalu banyak mengambil makanan untuk anak. Dengan porsi yang besar, akan membuat anak menjadi takut dan merasa tidak mampu menghabiskannya. Perasaan inilah yang akan mempengaruhi perasaan anak saat makan, dan membuat nafsu makannya menurun.

6 dari 6 halaman

Tips Menyiapkan Makanan Sehat untuk Anak lainnya

9. Mencontohkan pada Anak
Masih ada dua lagi tips menyiapkan makanan sehat untuk anak, salah satunya dengan memberikan contoh pada anak. Biasakan mencontohkan pola makan yang baik, seperti menyiapkan sendiri makanan, makan di meja makan, dan mencuci sendiri piring yang digunakan.

 Makanan Sehat
© Pixabay

Alternatif lainnya, bisa dengan mengajak anak makan bersama di meja makan. Tujuannya agar anak melihat apa yang dimakan oleh orang tuanya, sama seperti miliknya. Memberikan contoh adalah cara terbaik dalam mengajarkan anak.


10. Mengajak Anak Berbelanja Bahan
Satu lagi tips menyiapkan makanan sehat untuk anak ialah dengan mengajak anak berbelanja sendiri makanan yang ia inginkan. Orang tua bisa mengajak anak berbelanja di pasar atau supermarket, dan membiarkan anak mengeksplorasi bahan makanan yang ada.

Jangan lupa beri penjelasan singkat tentang nutrisi makanan pada bahan-bahan yang asing bagi anak. Tips ini akan membuat anak mengenal lebih banyak jenis bahan makanan yang bisa ia konsumsi. (mut)

Sumber: Parents

Join Dream.co.id