10 Minuman Terbaik Bagi Ibu Hamil, Minum Teratur Yuk!

Do It Yourself | Selasa, 8 Oktober 2019 10:02
10 Minuman Terbaik Bagi Ibu Hamil, Minum Teratur Yuk!

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Inilah deretan minuman terbaik yang boleh dikonsumsi oleh ibu hami. Cobain yuk Bunda.

Dream – Selain makanan, ibu hamil juga harus selalu memperhatikan minuman apa saja yang dikonsumsinya. Asupan yang masuk ke dalam tubuh ibu tentunya akan sangat mempengaruhi kondisi ibu dan bayi.

Saat hamil seringkali ibu hamil lebih memilih minuman segar dan tak mempedulikan kandungan nutrisi di dalamnya. Terutama di tiga bulan pertama kehamilan saat mual karena perubahan hormon begitu terasa.

Memang, hampir semua minuman bisa untuk melepaskan dahaga namun, bagaimana dengan kesehatan si kecil di dalam kandungan? Perlu diketahui, tidak semua minuman aman untuk kesehatan janin.

Seperti minuman yang mengandung gula tinggi, kafein, dan minuman bersoda. Untuk lebih sehat, lebih baik konsumsi minuman ini. Bukan hanya menghilangkan dahaga tapi juga bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.

 

2 dari 6 halaman

Jus Buah Segar dan Air Kelapa

1. Jus Buah Segar

Indonesia diketahui memiliki 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan. Pada saat memasuki musim panas, siapa sih yang tidak ingin untuk mengonsumsi minuman yang segar-segar. Nah, begitu pun dengan ibu hamil.

Salah satu minuman yang bisa dikonsumsi adalah jus buah segar. Selain mampu melepaskan semua dahaga, jus buah segara juga memiliki banyak sekali asupan nutrisi yang sangat bagus untuk ibu hamil.

Tidak hanya bagi sang ibu saja, namun si kecil yang berada di dalam kandungan juga akan merasakan manfaatnya. Tidak heran, bila jus buah segara sangat penting bagi ibu yang sedang mengandung. Coba buat jus buah segar dengan menggunakan buah semangka, melon, jeruk manis ataupun jeruk nipis. Buah-buahan tersebut sangat cocok diminum pada saat cuaca panas.


2. Air Kelapa

Tahukah Bunda? Air kelapa memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan ibu maupun janin yang sedang di kandung. Air kelapa mampu menjaga sistem tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu.

Tidak hanya itu saja, air kelapa juga mampu mengurangi rasa kelelahan dan haus. Sebab, air kelapa akan mengembalikan garam alami yang telah hilang pada saat Bunda berkeringat.

Bahkan, orang zaman dahulu  selalu menyarankan untuk mengonsumsi air kelapa tiap ibu hamil merasa haus. Sayangnya, air kelapa tidak bisa dikonsumsi pada saat waktu tertentu.

Ketika sedang berada di trimester pertama, sebaiknya hindari mengonsumsi air kelapa secara berlebihan. Kalau perlu, hindari terlebih dahulu untuk mengonsumsinya.

3 dari 6 halaman

Air Mineral dan Perasan Lemon

3. Air Mineral

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika air mineral sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Air mineral pun sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang. Air merupakan salah satu unsur penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama pada saat kehamilan.

Mengapa? Air sangat efektif untuk memberikan hidrasi yang cukup bagi tubuh. Air mineral juga merupakan konstituen utama bagi ASI dan tentu saja sangat penting untuk menyusui.

Pastikan ibu mengonsumsi air mineral setidaknya 8-10 gelas setiap harinya. Namun, takaran tersebut juga harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan tubuh. Bagaimana caranya? Konsultasikan kembali pada dokter ahli ataupun bidan yang menangani Bunda.


4.   Lemonade

Lemonade, minuman sempurna untuk dikonsumsi selama berada di masa kehamilan. Tidak perlu dipertanyakan lagi, lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin ini nantinya akan membantu Bunda dalam menyerap zat besi secara efektif. Selain itu, lemon juga bisa mempertahankan tubuh agar tetap terhidrasi secara sempurna.

Konsumsi lemonade setiap hari dengan porsi yang tepat. Minuman ini juga mengatasi rasa mual (morning sickness) yang kerap muncul di pagi atau malam hari. Ingin lebih enak lagi? Cukup tambahkan jahe parut dengan beberapa lembar daun mint serta madu murni. Nikmati sensasi menyegarkan dari lemonade tersebut.

4 dari 6 halaman

Teh dan Smothie

Siapa nih yang suka dengan es teh? Ya memang es teh merupakan salah satu minuman terbaik di musim panas. Tidak hanya bagi sebagian besar orang saja, namun bagi ibu hamil pun juga akan merasakan hal serupa. Menariknya, es teh terkadang mampu mengatasi rasa mual atau morning sickness yang kerap muncul .

Tetapi, perhatikan asupan kafein total dalam es teh tersebut ya. Jangan pernah mengonsumsi kafein lebih dari kadar yang telah ditentukan sebelumnya. Selain es teh, bisa mencoba untuk mengonsumsi teh mint hangat. Manfaat yang diberikannya pun juga sama seperti es teh. Namun, terdapat manfaat lainnya seperti meredakan sakit kepala, membantu sistem pencernaan, meningkatkan nafsu makan, hingga meredakan rasa mulas.


6.   Smoothie Buah

Selain jus buah segar, bisa juga mengonsumsi smoothie buah sesuai dengan selera. Smoothie buah terbuat dari buah segar pilihan dengan sedikit susu dan es batu.

Meskipun terdapat bahan tambahan, nutrisi yang tersimpan di dalam buah-buahan tidak akan menghilang seratus persen. Maka dari itu, para ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi smoothie buah sebagai salah satu camilan sehat selama masa kehamilan.

5 dari 6 halaman

Susu dan Buttermilk

7. Susu

Tahukah Bunda? Susu serta semua produk olahannya memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein, vitamin serta kalsium merupakan sedikit dari begitu banyak kandungan penting yang ada di dalam susu.

Selain itu, susu juga bisa membantu untuk tetap terhidrasi sepanjang waktu. Tidak heran pula, mengapa sejak mengandung sudah dianjurkan untuk mengonsumsi susu khusus ibu hamil. Bonusnya, ibu hamil bisa mengonsumsi segelas susu dingin ataupun milkshake ketika sedang kepanasan akibat cuaca terik.


8.  Buttermilk

Buttermilk sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil terutama pada saat memasuki musim panas. Sama seperti susu, buttermilk mampu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sepanjang waktu.

Menariknya, buttermilk mampu memberikan sensasi dingin pada dalam tubuh ibu hamil. Tidak perlu khawatir mengenai asupan nutrisinya, buttermilk memiliki kandungan vitamin B12, protein serta kalsium yang sangat tinggi.

6 dari 6 halaman

Jus Sayur dan Air Chia Seed

9. Jus Sayur

Coba buat jus sayur dan buah secara rutin. Jika belum terbiasa, bisa tambahkan sayuran hijau lebih sedikit daripada buahnya.

Seiring berjalannya waktu, bisa mulai mencoba mengonsumsi jus sayur. Selain enak untuk dikonsumsi, tentu saja minuman ini akan membarikan begitu banyak manfaat pada tubuh ibu dan janin yang dikandungnya.

10.  Air Chia Seed

Chia Seed mengandung asupan nutrisi seperti kalsium, magnesium, tembaga, seng, fosfor, niasin serta zat besi yang sangat tinggi. Nutrisi-nutrisi tersebut memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang janin yang dikandung.

Untuk mengonsumsinya, rendam beberapa biji selasih dalam air matang hingga mengembang. Setelahnya, Bunda bisa langsung mengonsumsinya. Ingin lebih nikmat? Bunda bisa mencampurkannya pada jus buah, smoothie, susu ataupun hanya ditambahkan madu murni saja. (mut)
 
 
 
(Sumber: Boldsky)

Join Dream.co.id