Muncul Gejala Covid-19, Bolehkah Ibu Menyusui?

Ibu menyusui (Foto: Shutterstock)
DO IT YOURSELF  |  6 November 2020 12:02

Penting diketahui, sampai Oktober 2020, virus SARS-COV2 belum ditemukan terdeteksi pada ASI.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Bayi berhak mendapatkan air susu ibu (ASI) apapun kondisinya. Termasuk jika ibu sedang mengalami gejala atau sudah positif Covid-19. Bagi ibu yang sedang menyusui dan masih banyak beraktivitas di luar rumah, sederet protokol kesehatan ketat harus dilakukan.

Sesampainya di rumah, segera mandi dan ganti baju. Cuci tangan dengan sabun, baru memegang bayi dan menyusui. Hal ini sangat penting, jangan sampai bayi tertular virus dari ibu.

Penting diketahui, sampai Oktober 2020, virus SARS-COV2 belum ditemukan terdeteksi pada ASI. Para peneliti terus-menerus melakukan penelitian dan melakukan telaah lebih lanjut terhadap ibu hamil dan menyusui yang terkonfimasi Covid-19.

" Namun demikian, penularan virus penyebab sakit pernapasan melalui ASI tergolong rendah, sehingga WHO (World Health Organization) tetap memberikan rekomendasi bagi ibu yang terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) maupun COVID-19 untuk tetap menyusui," ujar dr. Meutia Ayuputeri Kumaheri, M.Res, IBCLC, CIMI, konsultan laktasi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Bintaro Jaya.

 

 

Selanjutnya : Lakukan Panduan Ini
Audi Marissa - Anthony Xie | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 3
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :