Wow, Rumah 3D Sedang Dikembangkan di Planet Mars

Rumah buatan ICON/ Foto: ICON
DECOR  |  1 April 2021 14:05

Sedang melakukan simulasi peleburan debu bulan untuk digunakan dalam campuran semen.

Reporter : Mutia Nugraheni

Dream - Membangun rumah di planet bumi tentunya hal biasa. Pernah membayangkan kalau perumahan juga bakal dibangun di planet Mars? ICON, perusahaan rumah cetak 3D yang berbasis di Austin, Amerika Serikat (AS), bekerja sama dengan NASA (badan antariksa AS) tengah mengembangkan proyek perumahan di Mars.

" Saya pikir jenis peradaban yang belajar menjelajahi luar angkasa, dan hidup di luar angkasa, akan menjadi peradaban yang dapat menyelesaikan masalah," kata Jason Ballard, CEO dari Icon, dikutip dari House Beautiful.

ICON telah memulai eksperimen dengan melakukan simulasi peleburan debu bulan untuk digunakan dalam campuran semennya. Eksperimen tersebut dilakukan di laboratorium NASA.

Sebelumnya ICON memang memiliki latar belakang membuat perumahan 3D yang cukup baik. Pada 2018, perusahaan ini membuat rumah 3-D pertama yang diizinkan sepenuhnya di AS.

Pada 2019, ICON juga bekerja sama dengan Industry West membuat rumah yang dicetak hanya dalam 27 jam. Rumah tersebut diperuntukkan bagi para tunawisma di Austin. Ia juga bermitra dengan New STory nirlaba untuk membangun komunitas di Meksiko dan Haiti.

" Hal paling langsung yang kami lakukan [untuk memangkas biaya dengan otomatisasi 3-D] adalah kami mengganti bahan dan tenaga kerja. Setelah memasukkan biaya modal untuk robot, tenaga kerja setelah itu gratis," kata Ballard.

Hal itu jadi pertimbangan utama ketika ingin membangun rumah di luar angkasa karena tidak ada pekerja yang tersedia di Mars. Rumah pun bakal dibangun oleh robot. Jadi bikin penasaran bagaimana perumahan di Mars.

Selanjutnya : Keunikan Rumah Flintstone di Bukit, Lihat Detailnya
Setahun Mutia Ayu Hidup Tanpa Glenn Fredly
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Biaya Haji 2021 Diperkirakan Naik Jadi Rp 44 juta, Ini Hitunganya
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :